MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN BAGI ANAK MELALUI PROGRAM FUN COOKING
Main Authors: | Mirawati, Mirawati, Nurkamilah, Milah, Hudha. A, Nandhini |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/13507/1/Mirawati%2C%20Milah%20Nurkamilah%2C%20Nandhini%20Hudha.%20A.pdf http://eprints.uad.ac.id/13507/ |
Daftar Isi:
- Artikel ini merupakan kajian awal penelitian terkait penerapan program fun cooking sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika yang diasumsikan mampu menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak. Program fun cooking ini dijadikan sebagai salah satu solusi terhadap permasalahan dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan anak usia dini yang saat ini masih banyak dikemas melalui kegiatan yang cenderung kaku dan bersifat paper pencil test. Hal tersebut menimbulkan tekanan tersendiri pada anak dan bahkan menjadi salah satu faktor munculnya pandangan bahwa matenatika merupakan mata pelajaran yang sulit dan cenderung tidak disukai oleh peserta didik pada berbagai jenjang pendidikan lebih lanjut. Pembelajaran matematika melalui program fun cooking dilaksanakan melalui aktivitas memasak yang telah didesain khusus untuk pengembangan berbagai kemampuan matematis anak. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan model Kemmis & Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan teknik thematic analysis. Adapun hasil yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu meningkatnya antusias anak dalam pembelajaran matematika, munculnya berbagai kemampuan matematis dalam diri anak seperti kemampuan number sense, mengenal geometri sederhana, pola matematis dan kemampuan dalam pengukuran.