DISPOSISI MATEMATIS: SALAH SATU TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK USIA DINI

Main Authors: Nurkamilah, Milah, Mirawati, Mirawati, Cucu, Arumsari
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/13506/1/Milah%20Nurkamilah%2C%20Mirawati%2C%20Cucu%20Arumsari.pdf
http://eprints.uad.ac.id/13506/
Daftar Isi:
  • Artikel ini merupakan kajian literatur mengenai disposisi matematis anak usia dini. Selama ini tujuan pembelajaran matematika mulai dari usia pra sekolah sampai jenjang menengah diartikan sebagai anak mahir melakukan perhitungan secara akurat. Padahal pembelajaran matematika lebih kepada penguasaan kecakapan matematis. Namun, kecakapan matematis yang selama ini dipahami oleh guru di lembaga PAUD, lebih kepada kecakapan pemahaman konseptual, meliputi konsep bilangan, geometri, pengukuran, dan pola matematis. Padahal, terdapat kecakapan matematis lain yang perlu dikembangkan, yaitu disposisi matematis. Disposisi matematis menjadi fondasi yang kuat untuk kegiatan belajar matematika dimulai dari usia dini, karena mengembangkan disposisi matematis anak berarti memberikan kesadaran bagi anak bahwa matematika hadir dalam kehidupan sehari-hari, mudah dipahami, menyenangkan, serta memberikan kesempatan kepada anak untuk merefleksikan dunianya secara matematis. Dengan demikian, anak akan termotivasi untuk terlibat dalam pembelajaran matematika secara aktif, mendorong peningkatan keterampilan proses matematis lain, serta menumbuhkan sikap positif anak terhadap matematika. Makalah ini membahas apa dan bagaimana disposisi matematis dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika untuk anak usia dini sebagai salah satu tujuan pembelajaran matematika, sehingga diharapkan memberikan kontribusi positif terwujudnya pembelajaran matematika yang menyenangkan bagi anak.