IMPLEMENTASI CHARACTER’S SNAKES AND LADDERS GAME UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN
Main Authors: | Koesmadi, Dita Primashanti, Azizah, Elisa Novie |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/13496/1/Dita%20Primashanti%20Koesmadi%2C%20Elisa%20Novie%20Azizah.pdf http://eprints.uad.ac.id/13496/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan karakter anak usia 5-6 tahun dengan penerapan character’s snakes and ladders game (permainan ular tangga karakter). Character’s snakes and ladders game merupakan pengembangan dari permainan ular tangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Model penelitian yang digunakan mengacu pada model Kemmis and Mc.Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 Tahun (Kelompok B) TK Dharma Wanita Purwosari berjumlah 15 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data yang menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Character’s snakes and ladders game mampu meningkatkan pendidikan karakter anak usia 5-6 tahun. Penguatan karakter mampu ditingkatkan melalui permainan yang menyenangkan bagi anak. Peningkatan pendidikan karakter dapat dilihat pada kondisi awal kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BHS) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) mencapai 33,3% (5 anak), pada siklus I meningkat menjadi 53,3% (8 anak), siklus II meningkat menjadi 73,3% (11 anak) dan pada siklus III meningkat menjadi 93,3% (14 anak).