IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PELATIHAN PARENTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI IBU DENGAN AUD

Main Author: Roshonah, Adiyati Fathu
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: PG PAUD FKIP UAD , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.uad.ac.id/12848/1/Adiyati%20Fathu%20Roshonah.pdf
http://eprints.uad.ac.id/12848/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya ibu yang memiliki kemampuan berkomunikasi rendah sehingga tanpa sadar melakukan penghalang komunikasi saat berinteraksi dengan anak. Mengatasi keadaan ini para ibu tidak hanya bisa disalahkan, melainkan perlu dilatih dalam bentuk pelatihan parenting yang berorientasi pada kebutuhan penyelesaian masalah (problem solving). Prosedur penelitian tindakan (action research) mengikuti tahapan Kemmis dan McTaggart. Sintaks pelatihan strategi PBL mengikuti Arends dan Eggen & Kauchak. Intervensi diberikan pada para ibu di PAUD Kemuning Kelurahan Pondok Pinang Jakarta Selatan sebanyak 16 orang ibu berusia 20-35 tahun, memiliki 1-2 anak, berpendidikan SMA ke bawah. Penelitian dilaksanakan dua bulan sebanyak dua siklus delapan pertemuan. Target keberhasilan 75 %. Data diperoleh melalui kuisioner, dilengkapi dengan observasi, interview, dan diskusi intensif. Hasil penelitian diolah melalui tehnik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa PBL dapat menjadi strategi yang tepat dalam pelatihan parenting untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi ibu dengan AUD di Lembaga PAUD. Kuisioner Pra Siklus menunjukkan kemampuan berkomunikasi ibu sebesar 48,5%. Setelah dilakukan Siklus Pertama 5 (lima) kali pertemuan menunjukkan peningkatan menjadi 62,65%. Dilanjutkan Siklus Kedua 3 (tiga) kali pertemuan menunjukkan peningkatan menjadi 76,03%. Meningkatnya kemampuan berkomunikasi ibu dengan anak akan meningkatkan kualitas pengasuhan, yang akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak secara optimal.