Urgensi Komunikasi Cerdas Pustakawan dalam Mensukseskan Kelas Literasi Informasi
Main Author: | Ana, Pujiastuti |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Ilmu Perpustakaan,Universitas Negeri Malang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uad.ac.id/10626/1/PROSIDING_SEMNAS_UM.pdf http://eprints.uad.ac.id/10626/ http://psip.um.ac.id |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi informasi melatarbelakangi lahirnya koleksi digital di perpustakaan baik dari pembelian, hadiah, local content, maupun hasil kerjasama. Transfer pengetahuan ini dapat berpengaruh terhadap sebuah keterampilan dalam memanfaatkan sumber daya pengetahuan. Sebuah paket pekerjaan bagi pustakawan masa kini adalah kemampuan untuk mengkomunikasikan ulang informasi yang ia miliki. Distribusi informasi inilah yang menjadi ujung tombak dari keterpakaian koleksi di sebuah perpustakaan. Aplikasi dari kegiatan ini adanya kelas literasi informasi yang dipelopori oleh pustakawan. Keberhasilan kegiatan ini dipengaruhi oleh: penguasaan materi, fokus terhadap peserta, relaks dan menguasai diri, persiapan dan latihan. Manfaat adanya komunikasi cerdas dalam kelas literasi informasi: perubahan sikap dan perilaku peserta dalam menggunakan dan memanfaatkan informasi, meningkatnya reputasi pustakawan, dan mitra kolaboratif dalam meningkatnya mutu lembaga khususnya di bidang referensi. Penerapan komunikasi cerdas inilah yang akan mewujudkan keberhasilan dalam melaksanakan kelas literasi informasi. Kata kunci: komunikasi cerdas, kelas literasi informasi, kualitas pustakawan.