Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa

Main Authors: Prabowo, Pandu Pandu, Chaniago, Melissa Chaniago
Format: Article info
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2018
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/854
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/854/739
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-854
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa</title><creator>Prabowo, Pandu Pandu</creator><creator>Chaniago, Melissa Chaniago</creator><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem di SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret sampai 21 Mei 2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 40 orang yang kemudian seluruh populasi dijadikan sampel keseluruhan (total sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre- test dan post- test. Hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition diperoleh nilai siswa yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 adalah sebanyak 32 orang (80%) dan yang tidak tuntas sebanyak 8 orang (20%) dengan nilai rata- rata 77,95 dan standart deviasi 9,55. Hasil uji normalitas diperoleh Lo &lt; Ltabel yaitu 0,1131 &lt; 0,1401 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung &lt; Ftabel = 1,1 &lt; 1,71 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diketahui rata- rata dari perbedaan pre test dengan post test adalah sebesar 15,45 dan jumlah kuadrat deviasi sebesar 2127,9 dengan nilai ini maka diperoleh thitung &gt; ttabel atau 13,21 &gt; 1,68 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-11-15</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>Other:</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/854</identifier><identifier>10.30743/best.v1i2.854</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 1, No 2 (2018): September 2018; 64-71</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v1i2</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/854/739</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Journal of Biology Education, Science &amp; Technology</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-854</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
author Prabowo, Pandu Pandu
Chaniago, Melissa Chaniago
title Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa
publisher Program Studi Pendidikan Biologi
publishDate 2018
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/854
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/854/739
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem di SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret sampai 21 Mei 2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 40 orang yang kemudian seluruh populasi dijadikan sampel keseluruhan (total sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre- test dan post- test. Hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition diperoleh nilai siswa yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 adalah sebanyak 32 orang (80%) dan yang tidak tuntas sebanyak 8 orang (20%) dengan nilai rata- rata 77,95 dan standart deviasi 9,55. Hasil uji normalitas diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,1131 < 0,1401 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,1 < 1,71 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diketahui rata- rata dari perbedaan pre test dengan post test adalah sebesar 15,45 dan jumlah kuadrat deviasi sebesar 2127,9 dengan nilai ini maka diperoleh thitung > ttabel atau 13,21 > 1,68 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem
id IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-854
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology)
repository_id 14794
subject_area Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
Teknologi Pendidikan
Pertanian dan Kesehatan
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS14794
first_indexed 2020-11-27T05:17:14Z
last_indexed 2020-11-27T05:17:14Z
recordtype dc
_version_ 1686944456752758784
score 17.538404