Pengaruh Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat TP 2016/2017
Main Authors: | Azwar, Edi, Syahputri, Anggun Ninda |
---|---|
Format: | Article info |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Biologi
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/789 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/789/687 |
ctrlnum |
--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-789 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengaruh Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat TP 2016/2017</title><creator>Azwar, Edi</creator><creator>Syahputri, Anggun Ninda</creator><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model  Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 136 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X3 yang berjumlah 30 siswa. Nilai rata-rata pre-tes 59,56 dengan standar deviasi 14,00 sedangkan nilai rata-rata post-tes 74,56 dengan standar deviasi 12,40 bserdasarkan uraian di atas terdapat peningkatan antara nilai rata-rata pre-tes dengan nilai rata-rata pos-tes dari 59,56 menjadi 74,56 mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)yaitu 75. Uji hipotesis di dapat nilai thitung 9,93 sedangkan nilai ttabel 1,70 sehinggan thitung > ttabel, dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi  Ekosistem Di SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT Tahun Pembelajaran 2015/2016</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-11-15</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>Other:</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/789</identifier><identifier>10.30743/best.v1i2.789</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 1, No 2 (2018): September 2018; 20-27</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v1i2</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/789/687</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Journal of Biology Education, Science & Technology</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-789</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other Other: |
author |
Azwar, Edi Syahputri, Anggun Ninda |
title |
Pengaruh Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat TP 2016/2017 |
publisher |
Program Studi Pendidikan Biologi |
publishDate |
2018 |
url |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/789 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/789/687 |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 136 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X3 yang berjumlah 30 siswa. Nilai rata-rata pre-tes 59,56 dengan standar deviasi 14,00 sedangkan nilai rata-rata post-tes 74,56 dengan standar deviasi 12,40 bserdasarkan uraian di atas terdapat peningkatan antara nilai rata-rata pre-tes dengan nilai rata-rata pos-tes dari 59,56 menjadi 74,56 mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)yaitu 75. Uji hipotesis di dapat nilai thitung 9,93 sedangkan nilai ttabel 1,70 sehinggan thitung > ttabel, dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT Tahun Pembelajaran 2015/2016 |
id |
IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-789 |
institution |
Universitas Islam Sumatera Utara |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
1254 |
institution_type |
library:university library |
library |
Universitas Islam Sumatera Utara |
library_id |
1095 |
collection |
BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology) |
repository_id |
14794 |
subject_area |
Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi Biology/Biologi, Ilmu Hayat Teknologi Pendidikan Pertanian dan Kesehatan |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS14794 |
first_indexed |
2020-11-27T05:17:14Z |
last_indexed |
2020-11-27T05:17:14Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686944456770584576 |
score |
17.538404 |