Pengaruh Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat TP 2016/2017

Main Authors: Azwar, Edi, Syahputri, Anggun Ninda
Format: Article info
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2018
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/789
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/789/687
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-789
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengaruh Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat TP 2016/2017</title><creator>Azwar, Edi</creator><creator>Syahputri, Anggun Ninda</creator><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model&#xA0; Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 136 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X3 yang berjumlah 30 siswa. Nilai rata-rata pre-tes 59,56 dengan standar deviasi 14,00 sedangkan nilai rata-rata post-tes 74,56 dengan standar deviasi 12,40 bserdasarkan uraian di atas terdapat peningkatan antara nilai rata-rata pre-tes dengan nilai rata-rata pos-tes dari 59,56 menjadi 74,56 mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)yaitu 75. Uji hipotesis di dapat nilai thitung 9,93 sedangkan nilai ttabel 1,70 sehinggan thitung &gt; ttabel, dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi&#xA0; Ekosistem Di SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT Tahun Pembelajaran 2015/2016</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-11-15</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>Other:</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/789</identifier><identifier>10.30743/best.v1i2.789</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 1, No 2 (2018): September 2018; 20-27</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v1i2</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/789/687</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Journal of Biology Education, Science &amp; Technology</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-789</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
author Azwar, Edi
Syahputri, Anggun Ninda
title Pengaruh Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat TP 2016/2017
publisher Program Studi Pendidikan Biologi
publishDate 2018
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/789
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/789/687
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 136 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X3 yang berjumlah 30 siswa. Nilai rata-rata pre-tes 59,56 dengan standar deviasi 14,00 sedangkan nilai rata-rata post-tes 74,56 dengan standar deviasi 12,40 bserdasarkan uraian di atas terdapat peningkatan antara nilai rata-rata pre-tes dengan nilai rata-rata pos-tes dari 59,56 menjadi 74,56 mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)yaitu 75. Uji hipotesis di dapat nilai thitung 9,93 sedangkan nilai ttabel 1,70 sehinggan thitung > ttabel, dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT Tahun Pembelajaran 2015/2016
id IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-789
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology)
repository_id 14794
subject_area Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
Teknologi Pendidikan
Pertanian dan Kesehatan
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS14794
first_indexed 2020-11-27T05:17:14Z
last_indexed 2020-11-27T05:17:14Z
recordtype dc
_version_ 1686944456770584576
score 17.538404