Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Manusia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai

Main Authors: Syukri, M., Budianto, Budianto
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2018
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/629
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/629/561
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-629
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Manusia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai</title><creator>Syukri, M.</creator><creator>Budianto, Budianto</creator><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Guided Discovery terhadap hasil belajar biologi pada materi Sistem Pernapasan Pada Manusia siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Maret sampai 19 Mei 2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 126 orang yang terdiridari 3 kelas yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 41 orang dari kelas XI IPA1 dengan cara pengambilan sampel secara acak(Random Sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre-test dan post- test.Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Guided Discovery diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 78 adalah sebanyak 0 orang (0%) dan yang tidak tuntas sebanyak 41 orang (100%) dengan nilai rata-rata 44,47 dan standart deviasi 11,29, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model Guided Discovery diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 78 adalah sebanyak 21 orang (51,2%) dan yang tidak tuntas sebanyak 20 orang (48,7%) dengan nilai rata-rata 73,62 dan standart deviasi 14,51. Hasil uji normalitas diperoleh Lo &lt; Ltabel yaitu 0,10 &lt; 0,1384 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung &lt; Ftabel = 1,65 &lt; 1,69 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen.Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel atau 13,67 &gt; 1,68 dengan taraf kepercayaan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Guided Discovery terhadap hasil belajar Biologi materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-08-03</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/629</identifier><identifier>10.30743/best.v1i1.629</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018; 08-13</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v1i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/629/561</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Journal of Biology Education, Science &amp; Technology</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-629</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
author Syukri, M.
Budianto, Budianto
title Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Manusia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai
publisher Program Studi Pendidikan Biologi
publishDate 2018
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/629
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/629/561
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Guided Discovery terhadap hasil belajar biologi pada materi Sistem Pernapasan Pada Manusia siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Maret sampai 19 Mei 2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 126 orang yang terdiridari 3 kelas yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 41 orang dari kelas XI IPA1 dengan cara pengambilan sampel secara acak(Random Sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre-test dan post- test.Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Guided Discovery diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 78 adalah sebanyak 0 orang (0%) dan yang tidak tuntas sebanyak 41 orang (100%) dengan nilai rata-rata 44,47 dan standart deviasi 11,29, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model Guided Discovery diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 78 adalah sebanyak 21 orang (51,2%) dan yang tidak tuntas sebanyak 20 orang (48,7%) dengan nilai rata-rata 73,62 dan standart deviasi 14,51. Hasil uji normalitas diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,10 < 0,1384 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,65 < 1,69 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen.Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel atau 13,67 > 1,68 dengan taraf kepercayaan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Guided Discovery terhadap hasil belajar Biologi materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016
id IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-629
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology)
repository_id 14794
subject_area Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
Teknologi Pendidikan
Pertanian dan Kesehatan
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS14794
first_indexed 2020-11-27T05:17:14Z
last_indexed 2020-11-27T05:17:17Z
recordtype dc
_version_ 1686944456795750400
score 17.538404