Pengaruh Model Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI IPA SMA Swasta Prayatna Medan

Main Authors: Saragih, Dewi Sutriani, Manurung, Nurhasnah
Format: Article info
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2018
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/622
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/622/554
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-622
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengaruh Model Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI IPA SMA Swasta Prayatna Medan</title><creator>Saragih, Dewi Sutriani</creator><creator>Manurung, Nurhasnah</creator><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Mind Map terhadap hasil belajar Biologi siswa pada sub materi Sistem Ekskresi pada organ ginjal dan paru-paru di SMA Prayatna kelas XI IPA 2 tahun pembelajaran 2015/2016. Peneletian ini dilaksanakan pada tanggal 13 April 2016 sampai 28 April 2016. Peneltian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas XI IPA SMA Prayatna Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 170 siswa yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 40 siswa dari kelas XI IPA 2 dengan cara pengambilan sample acak (Random Sampling). Instrument dalam peneltian ini adalah tes hasil belajar berupa pre test dan pos test.Hasil belajar siswa yang menggunakan model Mind Map diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 adalah sebanyak 33 siswa (82,5%) dan yang tidak tuntas adalah 7 siswa (17,5%) dengan nilai rata-rata 74,35 dan standart deviasi 10,14. Hasil uji normalitas diperoleh Lhitung &lt; Ltabel yaitu 0,1120 &lt; 0,1401 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung&lt; Ftabel = 1,2 &lt; 1,7 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel atau 6,040 &gt; 1,718 dengan taraf kepercayaan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Mind Map terhadap hasil belajar Biologi siswa pada sub materi Sistem Ekskresi pada organ ginjal dan paru-paru di SMA Prayatna kelas XI IPA 2 Tahun Pembelajaran 2015/2016</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-08-03</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>Other:</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/622</identifier><identifier>10.30743/best.v1i1.622</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 1, No 1 (2018): Juni 2018; 21-28</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v1i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/622/554</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Journal of Biology Education, Science &amp; Technology</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-622</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
author Saragih, Dewi Sutriani
Manurung, Nurhasnah
title Pengaruh Model Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI IPA SMA Swasta Prayatna Medan
publisher Program Studi Pendidikan Biologi
publishDate 2018
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/622
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/622/554
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Mind Map terhadap hasil belajar Biologi siswa pada sub materi Sistem Ekskresi pada organ ginjal dan paru-paru di SMA Prayatna kelas XI IPA 2 tahun pembelajaran 2015/2016. Peneletian ini dilaksanakan pada tanggal 13 April 2016 sampai 28 April 2016. Peneltian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas XI IPA SMA Prayatna Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 170 siswa yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 40 siswa dari kelas XI IPA 2 dengan cara pengambilan sample acak (Random Sampling). Instrument dalam peneltian ini adalah tes hasil belajar berupa pre test dan pos test.Hasil belajar siswa yang menggunakan model Mind Map diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 adalah sebanyak 33 siswa (82,5%) dan yang tidak tuntas adalah 7 siswa (17,5%) dengan nilai rata-rata 74,35 dan standart deviasi 10,14. Hasil uji normalitas diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,1120 < 0,1401 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung< Ftabel = 1,2 < 1,7 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel atau 6,040 > 1,718 dengan taraf kepercayaan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Mind Map terhadap hasil belajar Biologi siswa pada sub materi Sistem Ekskresi pada organ ginjal dan paru-paru di SMA Prayatna kelas XI IPA 2 Tahun Pembelajaran 2015/2016
id IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-622
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology)
repository_id 14794
subject_area Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
Teknologi Pendidikan
Pertanian dan Kesehatan
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS14794
first_indexed 2020-11-27T05:17:18Z
last_indexed 2020-11-27T05:17:18Z
recordtype dc
_version_ 1686944456940453888
score 17.538404