Perspektif Orang Tua Terhadap Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak

Main Authors: ,, Purwati, ,, Juliati, Isda, Irma Dewi
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2822
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2822/2205
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2822
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Perspektif Orang Tua Terhadap Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak</title><creator>,, Purwati</creator><creator>,, Juliati</creator><creator>Isda, Irma Dewi</creator><subject lang="en-US">Orang Tua, Gender, Pendidikan</subject><description lang="en-US">Studi ini fokus pada permasalahan perspektif orang tua terhadap kesetaraan gender dan inklusi sosial dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak. Persfektip orang tua terhadap kesamaan pemberian hak kepada anak dalam mengenyam pendidikan dapat dipengaruhi oleh peraturan khas yang berlaku pada suatu daerah. Pola fikir orang tua dalam menentukan keputusan dianalisa melalui konsep Bourdieu yaitu habitus, kelas, modal, dan ranah. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Batee Puteh, Langsa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriftip kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui lebih dalam pandangan responden terhadap masalah yang terjadi melalui ungkapan-ungkapan dan fakta-fakta dalam situasi yang natural. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara secara mendalam. Berdasarkan&#xA0; hasil penelitian diperoleh informasi bahwa setiap anak baik laki-laki maupun perempuan memiliki hak yang sama dalam pendidikan. Lembaga penyelenggara pendidikan dengan fokus pendidikan agama Islam menjadi pilihan bagi orang tua sebagai pendidikan yang harus dijalani oleh anak. Perbedaan pola fikir orang tua dalam memaknai pendidikan, tujuan, fungsi, serta manfaat yang diperoleh dari pendidikan didasari oleh ide yang muncul secara alami, perbedaan tingkat pendidikan, hubungan sosial yang terjalin dalam masyarakat, serta pemertahanan posisi keberadaan suatu keluarga dalam lingkungan sosial</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-08-24</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2822</identifier><identifier>10.30743/best.v3i2.2822</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 3, No 2 (2020): September 2020; 114-119</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v3i2</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2822/2205</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Ibu Purwati, Ibu Juliati, Irma Dewi Isda</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2822</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
author ,, Purwati
,, Juliati
Isda, Irma Dewi
title Perspektif Orang Tua Terhadap Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak
publisher Program Studi Pendidikan Biologi
publishDate 2020
topic Orang Tua
Gender
Pendidikan
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2822
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2822/2205
contents Studi ini fokus pada permasalahan perspektif orang tua terhadap kesetaraan gender dan inklusi sosial dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak. Persfektip orang tua terhadap kesamaan pemberian hak kepada anak dalam mengenyam pendidikan dapat dipengaruhi oleh peraturan khas yang berlaku pada suatu daerah. Pola fikir orang tua dalam menentukan keputusan dianalisa melalui konsep Bourdieu yaitu habitus, kelas, modal, dan ranah. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Batee Puteh, Langsa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriftip kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui lebih dalam pandangan responden terhadap masalah yang terjadi melalui ungkapan-ungkapan dan fakta-fakta dalam situasi yang natural. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara secara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa setiap anak baik laki-laki maupun perempuan memiliki hak yang sama dalam pendidikan. Lembaga penyelenggara pendidikan dengan fokus pendidikan agama Islam menjadi pilihan bagi orang tua sebagai pendidikan yang harus dijalani oleh anak. Perbedaan pola fikir orang tua dalam memaknai pendidikan, tujuan, fungsi, serta manfaat yang diperoleh dari pendidikan didasari oleh ide yang muncul secara alami, perbedaan tingkat pendidikan, hubungan sosial yang terjalin dalam masyarakat, serta pemertahanan posisi keberadaan suatu keluarga dalam lingkungan sosial
id IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2822
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology)
repository_id 14794
subject_area Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
Teknologi Pendidikan
Pertanian dan Kesehatan
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS14794
first_indexed 2020-11-27T05:17:14Z
last_indexed 2020-12-24T07:38:42Z
recordtype dc
_version_ 1686944456767438848
score 17.538404