Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Biologi Langsa
Main Authors: | Sarjani, Tri Mustika, ,, Nursamsu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Biologi
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2808 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2808/2197 |
ctrlnum |
--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2808 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Biologi Langsa</title><creator>Sarjani, Tri Mustika</creator><creator>,, Nursamsu</creator><subject lang="en-US">Lesson Study, Kompetensi, MGMP Biologi</subject><description lang="en-US">Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar Peningkatan Kompetensi Guru MGMP Biologi Langsa Dalam Menerapkan Tahapan Lesson Study. Metode penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi 30 yang bergabung dengan MGMP Biologi Kota Langsa. Teknik pengunpulan data dalam penelitian berupa yaitu observasi dan berupa soal tes  mengenai kemampuan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Sedangkan teknik analisa data adalah teknik Normalized Gain. Hasil dalam penelitian ini adalah  Penerapan pembelajaran lesson study tahap perencanaan (plan) dengan nilai 0,32% dapat dinyatakan baik, sedangkan pelaksanaan (do) nilai yang diperoleh 0,35% dinyatakan sedang dan refleksi (see) nilai yang diperoleh 0,42%, maka hasil yang diperoleh dari ke tiga pembelajaran lesson study dinyatakan baik untuk diterapkan sebagai proses pembelajaran. Penilaian dari hasil kegiatan ini di ukur peningkatan kompetensi guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial, maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-08-22</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2808</identifier><identifier>10.30743/best.v3i2.2808</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 3, No 2 (2020): September 2020; 62-68</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v3i2</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2808/2197</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Tri Mustika Sarjani, Ibu Nursamsu</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2808</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File |
author |
Sarjani, Tri Mustika ,, Nursamsu |
title |
Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Biologi Langsa |
publisher |
Program Studi Pendidikan Biologi |
publishDate |
2020 |
topic |
Lesson Study Kompetensi MGMP Biologi |
url |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2808 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2808/2197 |
contents |
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar Peningkatan Kompetensi Guru MGMP Biologi Langsa Dalam Menerapkan Tahapan Lesson Study. Metode penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi 30 yang bergabung dengan MGMP Biologi Kota Langsa. Teknik pengunpulan data dalam penelitian berupa yaitu observasi dan berupa soal tes mengenai kemampuan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Sedangkan teknik analisa data adalah teknik Normalized Gain. Hasil dalam penelitian ini adalah Penerapan pembelajaran lesson study tahap perencanaan (plan) dengan nilai 0,32% dapat dinyatakan baik, sedangkan pelaksanaan (do) nilai yang diperoleh 0,35% dinyatakan sedang dan refleksi (see) nilai yang diperoleh 0,42%, maka hasil yang diperoleh dari ke tiga pembelajaran lesson study dinyatakan baik untuk diterapkan sebagai proses pembelajaran. Penilaian dari hasil kegiatan ini di ukur peningkatan kompetensi guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial, maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II |
id |
IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2808 |
institution |
Universitas Islam Sumatera Utara |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
1254 |
institution_type |
library:university library |
library |
Universitas Islam Sumatera Utara |
library_id |
1095 |
collection |
BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology) |
repository_id |
14794 |
subject_area |
Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi Biology/Biologi, Ilmu Hayat Teknologi Pendidikan Pertanian dan Kesehatan |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS14794 |
first_indexed |
2020-11-27T05:17:18Z |
last_indexed |
2020-12-24T07:38:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686944456953036800 |
score |
17.538404 |