Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Biologi Langsa

Main Authors: Sarjani, Tri Mustika, ,, Nursamsu
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2808
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2808/2197
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2808
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Biologi Langsa</title><creator>Sarjani, Tri Mustika</creator><creator>,, Nursamsu</creator><subject lang="en-US">Lesson Study, Kompetensi, MGMP Biologi</subject><description lang="en-US">Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar Peningkatan Kompetensi Guru MGMP Biologi Langsa Dalam Menerapkan Tahapan Lesson Study. Metode penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi 30 yang bergabung dengan MGMP Biologi Kota Langsa. Teknik pengunpulan data dalam penelitian berupa yaitu observasi dan berupa soal tes&#xA0; mengenai kemampuan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Sedangkan teknik analisa data adalah teknik Normalized Gain. Hasil dalam penelitian ini adalah&#xA0; Penerapan pembelajaran lesson study tahap perencanaan (plan) dengan nilai 0,32% dapat dinyatakan baik, sedangkan pelaksanaan (do) nilai yang diperoleh 0,35% dinyatakan sedang dan refleksi (see) nilai yang diperoleh 0,42%, maka hasil yang diperoleh dari ke tiga pembelajaran lesson study dinyatakan baik untuk diterapkan sebagai proses pembelajaran. Penilaian dari hasil kegiatan ini di ukur peningkatan kompetensi guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial, maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-08-22</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2808</identifier><identifier>10.30743/best.v3i2.2808</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 3, No 2 (2020): September 2020; 62-68</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v3i2</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2808/2197</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Tri Mustika Sarjani, Ibu Nursamsu</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2808</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
author Sarjani, Tri Mustika
,, Nursamsu
title Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Biologi Langsa
publisher Program Studi Pendidikan Biologi
publishDate 2020
topic Lesson Study
Kompetensi
MGMP Biologi
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2808
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2808/2197
contents Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar Peningkatan Kompetensi Guru MGMP Biologi Langsa Dalam Menerapkan Tahapan Lesson Study. Metode penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi 30 yang bergabung dengan MGMP Biologi Kota Langsa. Teknik pengunpulan data dalam penelitian berupa yaitu observasi dan berupa soal tes mengenai kemampuan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Sedangkan teknik analisa data adalah teknik Normalized Gain. Hasil dalam penelitian ini adalah Penerapan pembelajaran lesson study tahap perencanaan (plan) dengan nilai 0,32% dapat dinyatakan baik, sedangkan pelaksanaan (do) nilai yang diperoleh 0,35% dinyatakan sedang dan refleksi (see) nilai yang diperoleh 0,42%, maka hasil yang diperoleh dari ke tiga pembelajaran lesson study dinyatakan baik untuk diterapkan sebagai proses pembelajaran. Penilaian dari hasil kegiatan ini di ukur peningkatan kompetensi guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial, maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II
id IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2808
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology)
repository_id 14794
subject_area Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
Teknologi Pendidikan
Pertanian dan Kesehatan
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS14794
first_indexed 2020-11-27T05:17:18Z
last_indexed 2020-12-24T07:38:42Z
recordtype dc
_version_ 1686944456953036800
score 17.538404