Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi Pendidikan Untuk Semua (Penerapan Pendidikan Inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta)

Main Authors: Arum, Serla Kusuma, Widyastono, Herry, Sunardi, Bapak
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2487
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2487/1653
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2487
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi Pendidikan Untuk Semua (Penerapan Pendidikan Inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta)</title><creator>Arum, Serla Kusuma</creator><creator>Widyastono, Herry</creator><creator>Sunardi, Bapak</creator><subject lang="en-US">Pendidikan Inklusi, SDN Bromantakan 56 Surakarta</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pendidikan inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dengan tahapan analisis dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini merupakan kajian terkait penerapan pendidikan inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta, meliputi landasan penyelenggaraan pendidikan inklusi, kurikulum yang digunakan, pendidik dan tenaga kependidikan,sarana dan prasarana pendidikan inklusi, sistem penerimaan ABK, pengelolaan kegiatan belajar mengajar, proseder penilaian serta keadaan lingkungan sekolah inklusi. Dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta masih terkendala dengan belum adanya kurikulum khusus untuk ABK, sekolah menggunakan kurikulum 2013 dengan modifikasi untuk mengakomodasi ABK yang bersekolah disana</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-05-01</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2487</identifier><identifier>10.30743/best.v3i1.2487</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020; 120-126</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v3i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2487/1653</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Serla Kusuma Arum, Herry Widyastono, Bapak Sunardi</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2487</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
author Arum, Serla Kusuma
Widyastono, Herry
Sunardi, Bapak
title Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi Pendidikan Untuk Semua (Penerapan Pendidikan Inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta)
publisher Program Studi Pendidikan Biologi
publishDate 2020
topic Pendidikan Inklusi
SDN Bromantakan 56 Surakarta
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2487
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2487/1653
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pendidikan inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dengan tahapan analisis dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini merupakan kajian terkait penerapan pendidikan inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta, meliputi landasan penyelenggaraan pendidikan inklusi, kurikulum yang digunakan, pendidik dan tenaga kependidikan,sarana dan prasarana pendidikan inklusi, sistem penerimaan ABK, pengelolaan kegiatan belajar mengajar, proseder penilaian serta keadaan lingkungan sekolah inklusi. Dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta masih terkendala dengan belum adanya kurikulum khusus untuk ABK, sekolah menggunakan kurikulum 2013 dengan modifikasi untuk mengakomodasi ABK yang bersekolah disana
id IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2487
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology)
repository_id 14794
subject_area Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
Teknologi Pendidikan
Pertanian dan Kesehatan
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS14794
first_indexed 2020-11-27T05:17:14Z
last_indexed 2020-11-27T05:17:14Z
recordtype dc
_version_ 1686944456776876032
score 17.538404