Pengembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics Untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X MIA SMA NEGERI 14 Medan T.P 2019/2020

Main Authors: Silvia, Ade, Simatupang, Halim
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2434
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2434/1614
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2434
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics Untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X MIA SMA NEGERI 14 Medan T.P 2019/2020</title><creator>Silvia, Ade</creator><creator>Simatupang, Halim</creator><subject lang="en-US">Pengembangan LKPD, STEM, Model ADDIE</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Sains Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi Virus. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli Materi, Ahli Pembelajaran, Ahli Desain, Guru bidang studi Biologi dan siswa kelas X-MIA-3 SMA Negeri 14 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar penilaian validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, penilaian guru dan tanggapan/respon siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Perancangan LKPD berbasis STEM dilakukan dengan menggunakan model pengembangan instruksional ADDIE yaitu melalui tahap Analysis, Development, Implementation, dan Evaluation karena pada model ini setiap tahap dilakukan revisi hingga didapatkan produk LKPD yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan LKPD berbasis STEM berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh persentase rata-rata 87,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 92,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli desain diperoleh persentase rata-rata 78,7% dengan kriteria layak.. Hasil dari penggunaan LKPD Berbasis Pendekatan STEM yang dirancang dalam menumbuhkan keterampilan literasi sains diperoleh skor rata-rata 81,7 dengan jumlah persentase ketuntasan sebesar 85,2% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 29 orang. LKPD Berbasis STEM pada materi Virus yang telah dirancang memperoleh kriteria penilaian&#x201D;Sangat Tinggi&#x201D; dan telah memenuhi persyaratan efektif digunakan dalam menumbuhkan keterampilan literasi sains serta layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi pada materi virus</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-04-10</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2434</identifier><identifier>10.30743/best.v3i1.2434</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020; 39-44</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v3i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2434/1614</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Ade Silvia, Halim Simatupang</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2434</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
author Silvia, Ade
Simatupang, Halim
title Pengembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics Untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X MIA SMA NEGERI 14 Medan T.P 2019/2020
publisher Program Studi Pendidikan Biologi
publishDate 2020
topic Pengembangan LKPD
STEM
Model ADDIE
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2434
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2434/1614
contents Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Sains Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi Virus. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli Materi, Ahli Pembelajaran, Ahli Desain, Guru bidang studi Biologi dan siswa kelas X-MIA-3 SMA Negeri 14 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar penilaian validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, penilaian guru dan tanggapan/respon siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Perancangan LKPD berbasis STEM dilakukan dengan menggunakan model pengembangan instruksional ADDIE yaitu melalui tahap Analysis, Development, Implementation, dan Evaluation karena pada model ini setiap tahap dilakukan revisi hingga didapatkan produk LKPD yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan LKPD berbasis STEM berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh persentase rata-rata 87,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 92,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli desain diperoleh persentase rata-rata 78,7% dengan kriteria layak.. Hasil dari penggunaan LKPD Berbasis Pendekatan STEM yang dirancang dalam menumbuhkan keterampilan literasi sains diperoleh skor rata-rata 81,7 dengan jumlah persentase ketuntasan sebesar 85,2% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 29 orang. LKPD Berbasis STEM pada materi Virus yang telah dirancang memperoleh kriteria penilaian”Sangat Tinggi” dan telah memenuhi persyaratan efektif digunakan dalam menumbuhkan keterampilan literasi sains serta layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi pada materi virus
id IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2434
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology)
repository_id 14794
subject_area Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
Teknologi Pendidikan
Pertanian dan Kesehatan
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS14794
first_indexed 2020-11-27T05:17:14Z
last_indexed 2020-11-27T05:17:17Z
recordtype dc
_version_ 1686944456805187584
score 17.538404