Penerapan Model Problem Based Learning Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Pencawan School Medan
Main Authors: | Sari, Winda, Manurung, Nurhasnah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Biologi
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/1774 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/1774/1348 |
ctrlnum |
--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1774 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Penerapan Model Problem Based Learning Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Pencawan School Medan</title><creator>Sari, Winda</creator><creator>Manurung, Nurhasnah</creator><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Penerapan model Peroblem BasedLearning Dengan Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekskresi DISMA Pencawan School. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2017. Penelitian inimenggunakan Metode eksperimen semu (Quasi experimen) dengan populasi penelitian adalahseluruh siswa di kelas XI SMA Pencawan School Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yangberjumlah 61 siswa yang kemudian dijadikan sempel sebanyak 33 siswa dari kelas XI IPA 1dengan cara pengambilan sampel secara acak (Random Sampling). Data yang dianalisis dalampenelitian ini adalah berupa test tertulis yaitu pre test dan post test pada materi ekskresi. Nilairata-rata pre test sebelum model pembelajaran Peroblem Based Learning bantuan media videoadalah 42,95 dan standar deviasi 8,21 maka seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%). Danrata-rata post test yang diperoleh setelah model yang diterapkan adalah 68,04 dan standar deviasiadalah 11,45. Berdasarkan nilai KKM 75 maka sebanyak 7 siswa (21%) yang tuntas dan 26 siswa(79%) belum tuntas. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 13,90 sedangkan nilai ttabel = 1,694jadi thitung> ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhsignifikan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning BantuanMedia Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA PencawanSchool Medan.</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-10-12</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/1774</identifier><identifier>10.30743/best.v2i1.1774</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 2, No 1 (2019): Juni 2019; 34-39</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v2i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/1774/1348</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 Winda Sari, Nurhasnah Manurung</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1774</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File |
author |
Sari, Winda Manurung, Nurhasnah |
title |
Penerapan Model Problem Based Learning Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Pencawan School Medan |
publisher |
Program Studi Pendidikan Biologi |
publishDate |
2019 |
url |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/1774 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/1774/1348 |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Penerapan model Peroblem BasedLearning Dengan Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekskresi DISMA Pencawan School. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2017. Penelitian inimenggunakan Metode eksperimen semu (Quasi experimen) dengan populasi penelitian adalahseluruh siswa di kelas XI SMA Pencawan School Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yangberjumlah 61 siswa yang kemudian dijadikan sempel sebanyak 33 siswa dari kelas XI IPA 1dengan cara pengambilan sampel secara acak (Random Sampling). Data yang dianalisis dalampenelitian ini adalah berupa test tertulis yaitu pre test dan post test pada materi ekskresi. Nilairata-rata pre test sebelum model pembelajaran Peroblem Based Learning bantuan media videoadalah 42,95 dan standar deviasi 8,21 maka seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%). Danrata-rata post test yang diperoleh setelah model yang diterapkan adalah 68,04 dan standar deviasiadalah 11,45. Berdasarkan nilai KKM 75 maka sebanyak 7 siswa (21%) yang tuntas dan 26 siswa(79%) belum tuntas. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 13,90 sedangkan nilai ttabel = 1,694jadi thitung> ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhsignifikan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning BantuanMedia Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA PencawanSchool Medan. |
id |
IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1774 |
institution |
Universitas Islam Sumatera Utara |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
1254 |
institution_type |
library:university library |
library |
Universitas Islam Sumatera Utara |
library_id |
1095 |
collection |
BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology) |
repository_id |
14794 |
subject_area |
Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi Biology/Biologi, Ilmu Hayat Teknologi Pendidikan Pertanian dan Kesehatan |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS14794 |
first_indexed |
2020-11-27T05:17:14Z |
last_indexed |
2020-11-27T05:17:14Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686944456756953088 |
score |
17.538404 |