Penerapan Model Problem Based Learning Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Pencawan School Medan

Main Authors: Sari, Winda, Manurung, Nurhasnah
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2019
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/1774
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/1774/1348
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1774
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Penerapan Model Problem Based Learning Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Pencawan School Medan</title><creator>Sari, Winda</creator><creator>Manurung, Nurhasnah</creator><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Penerapan model Peroblem BasedLearning Dengan Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekskresi DISMA Pencawan School. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2017. Penelitian inimenggunakan Metode eksperimen semu (Quasi experimen) dengan populasi penelitian adalahseluruh siswa di kelas XI SMA Pencawan School Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yangberjumlah 61 siswa yang kemudian dijadikan sempel sebanyak 33 siswa dari kelas XI IPA 1dengan cara pengambilan sampel secara acak (Random Sampling). Data yang dianalisis dalampenelitian ini adalah berupa test tertulis yaitu pre test dan post test pada materi ekskresi. Nilairata-rata pre test sebelum model pembelajaran Peroblem Based Learning bantuan media videoadalah 42,95 dan standar deviasi 8,21 maka seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%). Danrata-rata post test yang diperoleh setelah model yang diterapkan adalah 68,04 dan standar deviasiadalah 11,45. Berdasarkan nilai KKM 75 maka sebanyak 7 siswa (21%) yang tuntas dan 26 siswa(79%) belum tuntas. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 13,90 sedangkan nilai ttabel = 1,694jadi thitung&gt; ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhsignifikan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning BantuanMedia Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA PencawanSchool Medan.</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-10-12</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/1774</identifier><identifier>10.30743/best.v2i1.1774</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 2, No 1 (2019): Juni 2019; 34-39</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v2i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/1774/1348</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 Winda Sari, Nurhasnah Manurung</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1774</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
author Sari, Winda
Manurung, Nurhasnah
title Penerapan Model Problem Based Learning Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Pencawan School Medan
publisher Program Studi Pendidikan Biologi
publishDate 2019
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/1774
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/1774/1348
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Penerapan model Peroblem BasedLearning Dengan Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekskresi DISMA Pencawan School. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2017. Penelitian inimenggunakan Metode eksperimen semu (Quasi experimen) dengan populasi penelitian adalahseluruh siswa di kelas XI SMA Pencawan School Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yangberjumlah 61 siswa yang kemudian dijadikan sempel sebanyak 33 siswa dari kelas XI IPA 1dengan cara pengambilan sampel secara acak (Random Sampling). Data yang dianalisis dalampenelitian ini adalah berupa test tertulis yaitu pre test dan post test pada materi ekskresi. Nilairata-rata pre test sebelum model pembelajaran Peroblem Based Learning bantuan media videoadalah 42,95 dan standar deviasi 8,21 maka seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%). Danrata-rata post test yang diperoleh setelah model yang diterapkan adalah 68,04 dan standar deviasiadalah 11,45. Berdasarkan nilai KKM 75 maka sebanyak 7 siswa (21%) yang tuntas dan 26 siswa(79%) belum tuntas. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 13,90 sedangkan nilai ttabel = 1,694jadi thitung> ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhsignifikan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning BantuanMedia Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA PencawanSchool Medan.
id IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1774
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology)
repository_id 14794
subject_area Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
Teknologi Pendidikan
Pertanian dan Kesehatan
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS14794
first_indexed 2020-11-27T05:17:14Z
last_indexed 2020-11-27T05:17:14Z
recordtype dc
_version_ 1686944456756953088
score 17.538404