Mengembangkan Kemampuan Academic Paper Review pada Matakuliah Biologi Umum Melalui Journal Based Learning Resource: Studi Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Riset dan Student Centered Learning/SCL

Main Author: Desiningrum, Noviana
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LLDIKTI Wilayah VII , 2020
Subjects:
Online Access: http://e-jurnal.kopertis7.go.id/index.php/humaniora/article/view/273
http://e-jurnal.kopertis7.go.id/index.php/humaniora/article/view/273/225
Daftar Isi:
  • Kegiatan review dan redesain kurikulum Prodi Pendidikan Matematika telah menghasilkan komitmen bahwa program studi ini menginstruksikan kepada semua dosen untuk memberikan pembelajaran berbasis riset dan Student Centered Learning (SCL) sebagaimana tertuang dalam indikator standar proses pembelajaran. Dalam rangka mengimplementasikan pembelajaran berbasis riset dan Student Centered Learning (SCL), maka Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kemampuan mahasiswa dalam membuat academic paper review dengan Journal based learning resource pada Matakuliah Biologi Umum (2) Mengetahui pemahaman melatih mahasiswa untuk berpikir krtitis, membuat telaah jurnal dan melatih membuat karya tulis ilmiah. Metode penelitian ini adalah Action Reseacrh dengan menggunakan jurnal sebagai sumber belajar mahasiswa (Journal based learning resource) yang diakses dari internet. Output dari matakuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mereview artikel di bidang biologi dan mendiskusikannya dalam tim maupun panel (academic paper review) dari jurnal-jurnal yang mereka gunakan sebagai sumber belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wawasan mahasiswa tentang penyusunan makalah sebesar 16%, memberikan inspirasi bagi mahasiswa dalam menempuh atau Menyusun skripsi sebagai tugas akhirnya sebesar 25%, kelebihan Pembelajaran berbasis riset dan SCL pada MK. Biologi Umum sebesar 28%, wawasan mahasiswa tentang problematik pembelajaran biologi sebesar 12%, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mengenal berbagai macam metode pembelajaran dan media yang dapat digunakan dalam pembelajaran biologi sebesar 13%, menambah wawasan dan melatih mahasiswa untuk berpikir krtitis, membuat telaah jurnal dan melatih membuat karya tulis ilmiah sebesar 6%. Respon terbesar tentang pembelajaran ini yaitu 28% mahasiswa menyatakan bahwa mahasiswa semakin mengenal dan mengetahui berbagai permasalahan di dalam pendidikan dan pengajaran biologi.