Supervisi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Etos Kerja Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ghilmani: Supervision of Principal to Improvement in Work Ethos of Teachers Islam in Primary School of Integrated Ghilmani
Main Author: | Rahayu, Retno Indah Rahayu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LLDIKTI Wilayah VII
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-jurnal.kopertis7.go.id/index.php/humaniora/article/view/269 http://e-jurnal.kopertis7.go.id/index.php/humaniora/article/view/269/222 http://e-jurnal.kopertis7.go.id/index.php/humaniora/article/view/269/223 |
Daftar Isi:
- Salah satu tugas kepala sekolah adalah sebagai supervisor. Tugas supervisor di sini adalah untuk membimbing dan membina serta mendampingi guru dalam meningkatkan kompetensinya. Dengan demikian diharapkan guru harus merasa senang jika kepala sekolahmelakukan supervisi. Dengan dilakukannya supervisi tersebut diharapkan kompetensi guru semakin meningkat. Tujuan penelitian iniadalah agar dapat diketahui: 1) pelaksanaan kegiatan supervisi Kepala sekolah di SDIT Ghilmani, 2) usaha Kepala sekolah dalam peningkatan etos kerja guru di SDIT Ghilmani, 3) dampak supervisi Kepala sekolah dalam peningkatan etos kerja guru di SDIT Ghilmani. Penelitian ini menggunakan beberapa metode dengan mengambil populasi sebanyak 26 orang dari guru SDIT Ghilmani. Adapun jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, interview dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Pelaksanaan supervisi kepala sekolah di SDIT Ghilmani adalah cukup dalam keberhasilannya, karena dari 26 responden yang memilih jawaban a (selalu diperhatikan dan dilaksanakan) sebesar 69,23%. Ini berdasarkan acuan Arikunto bahwa 56–75% = Cukup, 2) Peningkatan etos kerja guru di SDIT Ghilmani juga dikatakan cukup meningkat, karena dari 26 responden yang memilih jawaban a (sangat sesuai dan mendukung profesi guru) sebesar 70,45%. Yang mana berdasarkan acuan arikunto bahwa 56–75% = Cukup, 3) Dampak pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam peningkatan etos kerja guru di SDIT Ghilmani terbilang cukup atau sedang. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rxy sebesar 0,669. Besarnya rxy tersebut menggunakan interprestasi secara sederhana terletak antara 0,40–0,70 menunjukkan korelasi yang cukup atau sedang. Begitu juga besarnya rxy = 0,669 berdasarkan tabel “r” product moment pada taraf signifikan 5% = 0,388 dan 1% = 0,496 atau (0,699 > 0,388/0,496). Dari hasil tersebut, kemudian dikonsultasikan kedalam tabel interprestasi, maka nilai “r” hitung berada antara 0,40–0,70. Dengan demikian, nilai angka menunju kkan cukup. rxy = 0,669 lebih dari rt = 0,444.