Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD melalui Media Permainan Monopoli terhadap Hasil Belajar Siswa
Main Author: | Trisnawaty, Wulan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LLDIKTI Wilayah VII
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-jurnal.kopertis7.go.id/index.php/humaniora/article/view/233 http://e-jurnal.kopertis7.go.id/index.php/humaniora/article/view/233/197 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui media permainan monopoli terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan model Control Group PreTest–PostTest dan telah dilaksanakan pada siswa kelas VII di SMPN 2 Waru Sidoarjo. Penelitian ini mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui media permainan monopoli lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media permainan. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran layak untuk digunakan di SMP.