PENGGUNAAN PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAGI MAHASISWA PGSD STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Main Author: -, aprizan
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Tunas Pendidikan , 2019
Online Access: http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pgsd/article/view/107
http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pgsd/article/view/107/70
Daftar Isi:
  • The background of this study is the low writing skill of students at PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo in Indonesia. This study aims to describe the implementation of learning writing of description text by using mind map at PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. This research is a Classroom Action Research (CAR) with four stages of activities namely planning, action, recognition and reflection. The results of the data analysis can be concluded that the use of mind map can improve the writing skills of students PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo.
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis deskripsi mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan peta konsep pada mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamaatan dan refleksi. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan peta konsep dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi  mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo.