PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MODEL TREEFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR PERAKITAN KOMPUTER PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK N 1 RAO SELATAN

Main Authors: Hakiki, Muhammad, Fadli, Radinal
Format: Article info JOSS application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI) , 2020
Online Access: http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JIPTI/article/view/303
http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JIPTI/article/view/303/189
Daftar Isi:
  • This research was quantitative research that used a true experiment research approach and a posttest-only control as the research design. This research conducted in SMK 1 Rao Selatan. The population in this research was the grade X students of computer engineering and network major in SMK 1 Rao Selatan. The technique sampling in this research was a total sampling or also called as a population research. In determining the experiment class and control class, the researcher used rolls of paper. Grade X of TKJ 2 elected as experiment class and grade X TKJ 1 elected as control class. The result of this research were average the students learning outcomes in experiment class was about 80,90 while in control class was about 74,84. From analysis test showed normal and homogeny data. The test result on the level significance a0,05 (the level of confidence 95%) obtained score thitung=3,498 and ttabel=2,000 so obtained Thitung>Ttabel (3,498>2,000). Therefore, Ho rejected and Ha accepted in this research. So, the conclusion was there a significant influence in Creative Problem solving (CPS) learning method with Treefingermodel toward learning outcomes of assembly computer of grade X students in program computer network engineering SMK 1 Rao Selatan.
  • Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah true eksperimen dengan desain penelitian Posttest-only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Rao Selatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK N 1 Rao Selatan. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling atau juga disebut dengan penelitian populasi. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan gulungan kertas. Kelas X TKJ 2 terpilih sebagai kelas Eksperimen dan kelas X TKJ 1 terpilih sebagai kelas Kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,90 sedangkan pada kelas kontrol 74,84. Dari uji analisis data didapatkan bahwa data normal dan homogen. Hasil pengujian pada taraf signifikansi α 0.05 (taraf kepercayaan 95%) didapatkan nilai thitung=3,498 dan ttabel=2,000 sehingga diperoleh thitung > ttabel (3,498>2,000). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada metode pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Model Treefinger terhadap hasil belajar Perakitan Komputer pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK N 1 Rao Selatan.