PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI BAKAT NUMERIK DAN KECEMASAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUTA

Main Author: Putu Kartiwi, Desak
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran , 2012
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pp/article/view/3
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pp/article/view/3/2
Daftar Isi:
  • oleh Desak Putu Kartiwi ABSTRAK Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari bakat numerik dan kecemasan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kuta dengan menggunakan metode eksperimen semu dengan analisis kovarian satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa:ABCD Caryn Say A H(1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) setelah diadakan pengendalian terhadap bakat numerik terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; (3) setelah diadakan pengendalian terhadap kecemasan terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; (4) setelah diadakan pengendalian terhadap bakat numerik dan kecemasan terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah antar siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; (5) sumbangan efektif bakat numerik pada siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah sebesar 11,6% dan kecemasan memberikan sumbangan efektif sebesar 11,4%; dan (6) sumbangan efektif bakat numerik pada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional sebesar 8,5% dan kecemasan memberikan sumbangan efektif sebesar 37,4%. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Supaya diperoleh prestasi belajar matematika yang lebih optimal maka perlu dilakukan pengendalian terhadap bakat numerik dan kecemasan siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, bakat numerik, kecemasan, prestasi belajar matematika. THE EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING VIEWED FROM NUMERIC APTITUDE AND ANXIETY ON STUDENTS’ MATHEMATIC ACHIEVEMENT OF GRADE X STUDENTS OF SMAN 1 KUTA by Desak Putu Kartiwi ABSTRACT This study was aimed, especially, to find out the effect of problem-based instruction upon learning achievement in mathematics as studied from numerical aptitude and anxiety. This study was conducted at SMA Negeri 1 Kuta and used quasi experimental method and one-way anocova. The result showed that (1) there was a significant difference in learning achievement in mathematics between the students who learned mathematics though problem-based instruction and those who learned mathematics through conventional instruction; (2) after controlling numerical aptitude there was a difference in learning achievement in mathematics of the students who learned problem-based instructional model; (3) after controlling anxiety, there was a significant difference of learning achievement in mathematics between the students who studied through problem-based instructional model and those who studied through conventional instructional model; and (4) after controlling numerical aptitude and anxiety, there was a significant difference in learning achievement in mathematics of the student who studied through conventional instructional model; (5) the effective contribution of numeric talent toward the students who joined problem based learning was 11,6% and of anxiety was 11,4%; (6) the effective contribution of numeric talent toward the students who joined conventional model was 8,5% and anxiety gave effective contribution as much as 37,4% The model made from this study is that problem-based instructional model can improve student’s learning achievement in mathematics. To obtain a more optimal learning achievement in mathematics, it is necessary to control student’s numerical aptitude and anxiety. Key words: problem-based instruction, numerical aptitude, anxiety, learning achievement in mathematics.