PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK AQUA DI KELURAHAN PABUARAN BOGOR
Main Authors: | Hari Subagyo, Wawan, Chairunisha Febriana, Ranti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dewantara
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.dewantara.ac.id/index.php/economicus/article/view/186 http://ejournal.dewantara.ac.id/index.php/economicus/article/view/186/138 |
Daftar Isi:
- This research aims to determine the influence of variable product quality, price and brand image partial and simultaneous to the variable purchase decision of bottled drinking water of Aqua brand in the village of Pabuaran Bogor, as well as knowing the effect of independent variables on the dependent variable. The samples in this study were 97 people. Data analysis techniques use multiple linear regression. T test result showed the product quality variable (X1) and brand image (X3) partially influential for the purchase decision of bottled drinking water (AMDK) Aqua brand in the village of Pabuaran Bogor. It is based on the calculated t count value of two variables greater than t table and the Signification value (p value) is less than 0.1. Variable price (X2) partial has no significant effect on the variable purchase decision of bottled drinking water (AMDK) Aqua brand in the village of Pabuaran Bogor. F test results indicate product quality variables, prices, and brand image simultaneously affect the variable purchase decision of bottled drinking water (AMDK) Aqua brand in the village Pabuaran Bogor. This can be seen that the value F count 6.80 is greater than the F table 2.70 and the significance (0.0) value is smaller than 0.1. The result of the coefficient of determination of 15.3% showed the influence of independent variables, such asproduct quality, price, brand image of the purchase decision variable. The remaining 84.7% is influenced by other variables not included in this study.
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek secara parsial dan simultan terhadap variabel Keputusan Pembelian air minum dalam kemasan merek Aqua di kelurahan Pabuaran Bogor, serta mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil uji t memperlihatkan variabel Kualitas Produk (X1) dan Citra Merek (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) merek Aqua di kelurahan Pabuaran Bogor. Hal ini berdasarkan nilai t hitung dua variabel tersebut lebih besar dari t table dan nilai signifikasi (p value) kurang dari 0,1. Variabel Harga (X2) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) merek Aqua di kelurahan Pabuaran Bogor. Hasil uji F menunjukkan variabel kualitas produk, harga, dan citra merek secara simultan berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) merek Aqua di kelurahan Pabuaran Bogor. Hal ini dapar dilihat nilai F hitung 6,80 lebih besar dari F tabel 2,70 dan nilai signifikansi (0,0) lebih kecil dari 0,1. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 15,3 % menunjukkan besarnya pengaruh variabel bebas yaitu Kualitas Produk, Harga, Citra Merek terhadap variable Keputusan Pembelian. Sisanya 84,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.