PENGARUH KUALITAS PELAYANAN LOKET PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN BOGOR

Main Authors: ., Muhlis, Rahmania, Dinar
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dewantara , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.dewantara.ac.id/index.php/economicus/article/view/168
http://ejournal.dewantara.ac.id/index.php/economicus/article/view/168/121
Daftar Isi:
  • The purpose of this study was to determine the effect of reliability, responsiveness, assurance, attention, and physical evidence on community satisfaction partially or simultaneously. The method of collecting data for testing hypotheses using filling in questionnaires aimed at 100 respondents of people over the age of 17 who use the services at the registration counter.The results of multiple linear analysis show that the influence of service quality dimensions is R2 = 0.346, which means that the contribution of variable X (Service Quality) plays a role in influencing the Y variable (Community Satisfaction) of 34.6%. Based on the results of the t test the responsiveness and attention variables influence people's satisfaction. Judging from the results of the test f community satisfaction together is influenced  by variables of reliability, responsiveness, assurance, attention, and physical evidence at the level of alpha significance of 10% or 90% confidence level. Based on the results of the t test the responsiveness and attention variables influence people's satisfaction.
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian, dan bukti fisik terhadap kepuasan masyarakat secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data untuk pengujian hipotesis menggunakan pengisian kuisioner yang ditujukan 100 responden masyarakat berusia di atas 17 tahun yang menggunakan pelayanan di loket pendaftaran. Hasil analisis linear berganda bahwa dapat diketahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan sebesar R2 = 0,346 hal ini berarti sumbangan variabel X (Kualitas Pelayanan) berperan dalam mempengaruhi variabel Y (Kepuasan Masyarakat) Sebersar 34,6%. Berdasarkan hasil uji t variabel daya tanggap dan perhatian berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Dilihat dari hasil uji f kepuasan masyarakat secara bersama-sama dipengaruhi oleh variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian, dan bukti fisik pada tingkat signifikansi alpha 10% atau tingkat kepercayaan 90%. Berdasarkan hasil uji t variabel daya tanggap dan perhatian berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat.