PENGARUH KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN KONSUMEN INDOMARET KOTA BUKIT PURWAKARTA

Main Authors: ., Muliawan, ., Muhlis
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dewantara , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.dewantara.ac.id/index.php/economicus/article/view/148
http://ejournal.dewantara.ac.id/index.php/economicus/article/view/148/101
Daftar Isi:
  • The presence of Alfamart near Indomaret which has been standing, it will cause a scramble for customers between Indomart and Alfamart. This is happen at Indomaret of Kota Bukit Purwakarta that caused a decline in the average number of customers per day which shopping. On 2006 Indomaret at Kota Bukit has decreased that significantly by 22.22% compared to the average number of daily customers of 2005. The condition of latest, the average number of daily customers on 2007 (Januari-April) is decreasing as much as 1.20% compared to the average daily benefit of 2006. The research aims to understand the influence of the quality of service for customer satisfaction at Indomaret of Kota Bukit Purwakarta with full and simultaneous. The population that used is the customers Indomaret of Kota Bukit Purwakarta and sample is taken using Slovin formulas with the levels of trust 90%. The data analyze is used Multiple Linier Regression. The result of the research is to inform the quality of service which includes the tangible, realibility, responsive, assurance and empathy to depend on the particular satisfaction simultaneously. Responsive variable is variable which influence with full and has the biggest impact on customers satisfaction Indomaret of Kota Bukit Purwakarta.
  • Kehadiran Alfamart dilokasi gerai Indomaret yang telah berdiri, akan menyebabkan perebutan konsumen antara Indomaret dan Alfamart. Kondisi ini terjadi di Indomaret Kota Bukit Purwakarta menyebabkan penurunan jumlah rata-rata konsumen perhari yang berbelanja. Indomaret Kota Bukit tahun 2016, mengalami penurunan yang sangat signifikan sebesar 22,22% dibandingkan dengan rata-rata jumlah konsumen harian tahun 2015. Kondisi terbaru, rata-rata jumlah konsumen harian tahun 2017 (Jan-Apr) juga mengalami penurunan sebesar 1,20% dibandingkan dengan rata-rata omzet harian tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Indomaret Kota Bukit Purwakarta secara parsial dan simultan. Populasi yang digunakan adalah konsumen Indomaret Kota Bukit Purwakarta dan sampel diambil menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kepercayaan 90%. Analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menginformasikan kualitas pelayanan yang meliputi tangible, realibility, responsive, assurance dan empathy berpengaruh terhadap kepuasan secara simultan. Variabel responsive merupakan variabel yang berpengaruh secara parsial dan memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan konsumen Indomaret Kota Bukit Purwakarta.