FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN EMAS (STUDI PADA MASYARAKAT DESA BATOH KECAMATAN LUENG BATA BANDA ACEH)

Main Authors: Murad, Suryani, Husna, Asmaul
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah , 2014
Online Access: http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/jimma/article/view/345
Daftar Isi:
  • Emas adalah harta atau aset kekayaan yang hampir semua masyarakat memilikinya, pembelian emas bukan hanya dilakukan oleh orang yang mempunyai banyak uang, tetapi emas juga dibeli oleh masyarakat umumnya sebagai perhiasan.Penelitian ini bersifat empiris, dimana yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor perilaku konsumen dalam pembelian emas (studi pada masyarakat Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh).Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Desa Batoh dan yang menjadi objek penelitian adalah masyarakat yang menggunakan emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh. Penarikan sampel dilakukan dengan metode “convinance” terhadap 90 responden yang sering menggunakan emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh.Hasil penelitian dengan menggunakan uji Thitungternyata faktor budaya, faktor sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh., sementara faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh. Dengan menggunakan uji F­hitungmenunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi, psikologis berpengaruh signifikan (positif) terhadap perilaku konsumen dalam pembelian emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh. Keywords : Perilaku Konsumen, Pembelian. Emas