PENGARUH EWOM, KEPERCAYAAN ONLINE, DAN KENYAMANAN PEMBELIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Toko Online Bukalapak) THE INFLUENCE OF EWOM, ONLINE TRUST, AND PURCHASING CONVENIENCE ON PURCHASING DECISIONS (Case Study of The Bukalapak Online Store)
Main Authors: | ANGGRAYENI, DWI, Ramadity, Muhammad |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.stei.ac.id/2166/1/Artikel%20Indonesia.pdf http://repository.stei.ac.id/2166/2/Artikel%20Inggris.pdf http://repository.stei.ac.id/2166/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah EWOM, Kepercayaan Online, Dan Kenyamanan Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian pada toko online Bukalapak secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kuantitaif, yang diukur dengan menggunakan metoda Penelitian dilakukan di PT. Intigarmindo Persada Jakarta Pusat dengan sampel sebanyak 139 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang merupakan cara pengambilan sampel melalui penetapan ciri-ciri sesuai dengan tujuan. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer yaitu data yang diperoleh dari responden melalui kuesioner, kelompok fokus, dan panel atau juga data hasil wawancara peneliti dengan nara sumber. Dalam pengiriman kuesioner penelitian ini menggunakan Google Form. Metoda statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan aplikasi IBM Statistic SPSS v.24. Hasil dari penelitian ini secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara EWOM terhadap keputusan pembelian, dan kepercayaan online terhadap keputusan pembellian. Tetapi tidak terdapat pengaruh antara kenyamanan pembelian terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, menunjukkan bahwa 53,1% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel EWOM, kepercayaan online, dan kenyamanan pembelian. Sedangkan sisanya sebesar 46,9% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian. ABSTRACT Research aims to test whether EWOM, Online Trust, and Purchasing Convenience On Purchasing Decisions on Bukalapak online stores simultaneously and partially. This research uses a type of descriptive research of a quantitive approach, which is measured using research methods conducted at PT. Intigarmindo Persada Central Jakarta with sample of 139 people. The sampling techniques used in this study use purposive sampling which is a sampling way through the determination of the characteristics in accordance with the objectives. The type of data required in this study is primary data. Primary data is data obtained from respondents through questionnaires, focus groups, and panels or also data of researchers interviews with resources. In submission of this research questionnaire using Google Form. Statistical methods used are multiple regression analyses with IBM Statistic SPSS v.24 applications. The results of this study have partially been a significant influence between EWOM on purchasing decisions, and online belief in defust decisions. But there is no influence between the convenience of purchasing decisions. Simultaneously, it shows that 53.1% of variable purchase decisions can be described by the EWOM variable, online trust, and convenience of purchase. The remaining 46.9% can be explained by other variables not included in the research model.