Pengaruh Strategi Wankat-Oreovocz terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Nusantara Raya Bandung
Main Author: | Siti Jalilah, Siti (1210205084) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsgd.ac.id/960/1/1_cover.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/960/2/2_abstrak.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/960/3/3_daftarisi.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/960/4/4_bab1sd4.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/960/5/5_daftarpustaka.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/960/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan rendahnya pemecahan masalah matematik menjadi dasar dalam penelitian ini, sehingga alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut mutlak diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah esensi dari pengaruh strategi Wankat-Oreovocz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Mengarah pada tujuan tersebut maka penelitian ini mengkaji: 1) gambaran aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran matematika menggunakan strategi Wankat-Oreovocz; 2) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa antata siswa yang menggunakan strategi Wankat-Oreovocz Berpasangan, strategi Wankat-Oreovocz Berkelompok, dan pembelajaran Konvensional; 3) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Wankat-Oreovocz. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group, desain ini termasuk kepada desain Quasi Experimental. Subyek penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Nusantara Raya Bandung tahun pelajaran 2013/2014 dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII-2, VIII-3, dan VIII-4. Instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal (pretest) dan test akhir (posttest) serta skala sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas guru dan siswa yang menggunakan strategi Wankat-Oreovocz Berpasangan dan strategi Wankat-Oreovocz Berkelompok mengalami peningkatan dari setiap pertemuan; 2) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan strategi Wankat-Oreovocz Berpasangan, strategi Wankat-Oreovocz Berkelompok dengan pembelajaran Konvensional; 3) Sikap siswa yang menggunakan strategi Wankat-Oreovocz Berpasangan dan strategi Wankat-Oreovocz Berkelompok positif, baik terhadap pembelajaran matematika, terhadap pembelajaran matematika dengan strategi Wankat-Oreovocz, maupun terhadap soal-soal pemecahan masalah matematik.