Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa (Penelitian Eksperimen pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Prisma dan Limas di kelas VIII SMP Negeri 30 Kota Bandung)
Main Author: | Rini Srimulyani, Rini (1210205074) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsgd.ac.id/959/1/1_cover.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/959/2/2_abstrak.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/959/3/3_daftarisi.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/959/4/4_bab1.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/959/5/5_bab2.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/959/6/6_bab3.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/959/7/7_bab4.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/959/8/8_daftarpustaka.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/959/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa dinilai masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran kooperatif tipe Time Token menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) Aktivitas guru dan siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token; (b) Perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematik berdasarkan keseluruhan dan kategori KAM siswa; (c) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik berdasarkan keseluruhan dan kategori KAM siswa; (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Time Token. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Rata-rata aktivitas guru dan siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token mengalami peningkatan. (b) Dari hasil analisis gain ternomalisasi yang selanjutnya dilakukan uji ANOVA dua jalur diperoleh terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pamahaman matematik siswa antara yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token dengan pembelajaran konvensional berdasarkan KAM. (c) Dari hasil analisis gain ternomalisasi yang selanjutnya dilakukan uji ANOVA dua jalur diperoleh terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa antara yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token dengan pembelajaran konvensional berdasarkan KAM. (d) Secara keseluruhan sikap siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token menunjukkan respon positif terhadap semua aspek yang diamati.