Penerapan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Gelombang Elektromagnetik
Main Author: | Roni Badrujaman, Roni (1210207096) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsgd.ac.id/869/1/1-cover.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/869/2/2_abstrak.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/869/3/3_daftarisi.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/869/4/4_bab1.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/869/5/5_bab2.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/869/6/6_bab3.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/869/7/7_bab4.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/869/8/8_daftarpustaka.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/869/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi, peningkatan pemahaman konsep perlu ditingkatkan di MAN 1 Garut. Hal tersebut terlihat dari proses pembelajaran peserta didik yang cenderung kurang aktif dan didukung oleh tes pemahaman konsep siswa yang masih dibawah rata-rata. Oleh sebab itu perlu adanya upaya dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa, khususnya mata pelajaran fisika pada materi gelombang elektromagnetik karena memperoleh nilai rata-rata paling kecil diantara materi lain pada tes pemahaman konsep. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan metode pembelajaran SQ4R dan peningkatan pemahaman konsep siswa setelah metode pembelajaran SQ4R. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, yaitu di MAN 1 Garut dengan sampel penelitian kelas X-H. Data keterlaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran SQ4R diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data peningkatan pemahaman konsep siswa didapat melalui tes pemahaman konsep berupa pilihan ganda. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada seluruh pertemuan menggunakan metode pembelajaran SQ4R sebasar 75,5% dengan kategori baik. Peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran SQ4R terlihat dari hasil uji hipotesis (uji Wilcoxon) yang menunjukkan Zhitung (5,23) > Ztabel (1,65), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Besarnya peningkatan pemahaman konsep siswa yang ditujukkan oleh N-gain adalah sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran SQ4R dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi gelombang elektromagnetik.