Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Paired Storytelling terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan (Penelitian Quasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VII MTsN 1 Rajadesa Ciamis)
Main Author: | Nopi Khodijah, Nopi (207 202 137) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsgd.ac.id/808/1/1_cover.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/808/2/2_abstrak.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/808/3/3_daftarisi.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/808/4/4_bab1.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/808/5/5_bab2.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/808/6/6_bab3.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/808/7/7_bab4.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/808/8/8_daftarpustaka.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/808/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi karena di lapangan masih banyak guru mendominasi pembelajaran (teacher-centered). Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Paired Storytelling yang menekankan siswa aktif (Student Centered). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Paired Storytelling terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Hipotesis penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Paired Storytelling berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalene control group. Penelitian kelas ini dilakukan dikelas VII MTsN 1 Rajadesa Ciamis yang melibatkan dua kelas yang berjumlah 60 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Pengolahan data tes menggunakan statistik parametrik sedangkan untuk angket menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini diketahui hasil belajar kognitif dari kelas dengan model pembelajaran Paired Storytelling memiliki rata-rata pretest 30.33, rata-rata postes 63.33 dengan kategori (sedang) dengan nilai gain 33.00. Sedangkan untuk model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata pretest 26.33, rata-rata postes 38.67 dengan kategori (rendah) dengan nilai gain 12.33. Perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Paired Storytelling dengan model pembelajaran konvensional dapat dilihat dari hasil uji hipotesis hasil postes dari dua model pembelajaran diperoleh nilai tdaftar (0.95)(58) = 1.64 dan thitung = 4.06 nilai tersebut berada pada batas penolakan Ho karena t daftar < thitung , artinya hipotesis yang diajukan (Ha) diterima. Dengan perkataan lain model Paired Storytelling berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Pencemaran Lingkungan. Selain itu, sikap siswa terhadap model pembelajaran Paired Storytelling memberikan tanggapan yang positif, mereka sangat antusias terhadap pembelajaran ini selama penelitian berlangsung. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata angket siswa pada kelas eksperimen rata-rata sebesar 3.90 (tinggi), sedangkan respon pada kelas kontrol rata-rata sebesar 3.40 (sedang).