Penerapan Model Pembelajaran Master (Mind, Acquire, Search Out, Trigger, Exhibit,Reflect) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Main Author: | Halimatusyadiah, Ida Ayu Utami |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsgd.ac.id/6940/1/1_cover.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/6940/2/2_Abstrak.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/6940/3/3_daftarisi.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/6940/4/4_bab1.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/6940/5/5_bab2.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/6940/6/6_bab3.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/6940/7/7_bab4.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/6940/8/8_daftarpustaka.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/6940/ |
Daftar Isi:
- Penerapan Model Pembelajaran Master (Mind, Acquire, Search Out, Trigger, Exhibit, Reflect): Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Penelitian kuasi eksperimen pada kelas IX SMP Al-Amanah) Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa-siswi kelas IX SMP Al-Amanah, maka dari itu peneliti melakukan penelitian untuk meningkakat kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran MASTER (mind, acquire, search out, trigger, exhibit, reflect). Penelian kuasi eksperimen ini bertujuan: (1) aktivitas guru dan siswa pada pembelajan MASTER (2) Perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran MASTER dan pembelajaran konvensional (3) Sikap siswa setelah memperoleh model pembelajaran MASTER. Metode penelitian eksperime desain quasi eksperiment (eksperimen semu), jenis desain dalam bentuk penelitian adalah nonequivalen (pretest dan posttest) dengan memperoleh data dari hasil pretest dan postest siswa kelas eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Aktivitas guru dan siswa meningkat seiring dengan proses pembelajaran pada setiap pertemuan (2) Hasil analisis gain ternormalisasi dengan menggunakan uji T terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran MASTER dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (3) Skala sikap yang memperoleh model pembelajaran MASTER menunjukan sikap positif.