Daftar Isi:
  • Sponsorship telah memperlihatkan pertumbuhan yang luar biasa dan telah menjadi komunikasi pemasaran yang populer untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sponsorship terhadap kesadaran merek (Brand Awareness) konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan skala likert. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Pengujian instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibilitas,regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan alat bantu SPPS 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel target audien(X1) berpengaruh terhadap brand awareness karena thitung 4,999 > ttabel 1.661. variabel brand positioning berpengaruh terhadap brand awarenessthitung 3,914 > ttabel1.661. variabel message capacityberpengaruh terhadap brand awarenessthitung1,948 > ttabel1.66.1. Berdasarkan hasil penelitian bahwa variabel sponsorship(target audien,brand positioning, message capacity) secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap brand awarenessdengan fhitung 33,881 > ftabel2,70. Berdasarkan koefisien determinasi menunjukan bahwa R2 sebesar 0.514 x 100 % = 51.4% sedangkan sisanya 48.6% ditentukan oleh faktor lain