Manajemen Peserta Didik (Penelitian di SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung)
Main Author: | Nurlatifah, Rizki Setia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsgd.ac.id/5928/1/1_COVER.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/5928/2/2_ABSTRAK.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/5928/3/3_DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/5928/4/4_BAB1.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/5928/5/5_BAB2.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/5928/6/6_BAB3.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/5928/7/7_BAB4.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/5928/8/8_BAB5.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/5928/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dihadapi oleh SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung dalam bidang peserta didik atau kesiswaan secara umum terbagi kepada dua bagian, pertama bagian manajemennya atau pengelolaan siswanya dan yang kedua bagian administrasinya. Karena peserta didik merupakan bagian terpenting dalam penyelenggaraan pendidikan, maka peserta didik harus dikelola dengan baik dan benar, karena kualitas proses yang baik akan menghasilkan output pendidikan yang baik sekalipun input yang diproses memiliki kualitas rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan latar alamiah di SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung, mendeskripsikan penjaringan peserta didik baru di SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung, mendeskripsikan pengelompokkan peserta didik di SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung, mendeskripsikan pembinaan peserta didik di SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung, mendeskripsikan perpindahan peserta didik di SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung, mendeskripsikan kelulusan dan alumni di SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung, dan mendeskripsikan penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa peserta didik merupakan bagian terpenting dalam proses penyelenggaraan pendidikan. Oleh karenanya peserta didik harus dikelola dengan sebaik mungkin, mulai dari bagaimana pendaftaran dan penerimaan bagi siswa baru, bagaimana pengelompokkannya, bagaimana pembinaan siswanya, dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, metode ini mendeskripsikan manajemen peserta didik SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung. Data yang diperoleh berupa data dari hasil observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian ini dilakukan di SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung. Kemudian dianalisis dan diuji keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan audit kepastian. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa SMP Al-Amanah melakukan seluruh rangkaian manajemen peserta didik mulai dari penjaringan peserta didik baru di setiap akhir tahun ajaran menjelang awal tahun ajaran baru, mengelompokkan peserta didik dilaksanakan di awal tahun ajaran baru dengan indikator yang telah ditentukan, pembinaan peserta didik yang dilakukan melalui berbagai kegiatan kesiswaan seperti ekstrakurikuler, training dan kegiatan kesiswaan lainnya, kemudian prosedur perpindahan peserta didik telah mengikuti prosedur dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, menentukan kriteria kelulusan dan mewadahi alumni, serta menyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler.