Daftar Isi:
  • Kesetimbangan kimia merupakan salah satu konsep yang menjadi dasar bagi konsep kimia lainnya seperti kesetimbangan asam basa serta kelarutan dan hasil kali kelarutan. Berdasarkan analisis konsep, konsep ini memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Tujuan penelitian ini yakni menganalisis kemampuan kognitif siswa pada pengetahuan konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan taksonomi Bloom revisi pada konsep kesetimbangan kimia dan mendeskripsikan kriteria soal yang dapat mengukur ketiga pengetahuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pencapaian tertinggi pada pengetahun konseptual yakni mengaplikasikan dengan persentase jumlah siswa mencapai 30,3%. Pada pengetahaun prosedural, pencapaian tertinggi pada level memahami dengan persentase sebesar 26,3%. Pengetahuan metakognitif merupakan pengetahuan yang paling kurang dikuasai dari ketiga pengetahuan yang dianalisis karena persentase tertinggi sebesar 10,5% yakni pada level memahami. Kriteria soal yang digunakan untuk mengukur pengetahuan konseptual lebih dominan menggali pengetahuan tentang prinsip dan generalisasi, pengetahuan prosedural lebih menggali tentang algoritme, dan metakognitif lebih menekankan kepada strategi. Hasil penelitian ini berfungsi sebagai bahan evaluasi pembelajaran dan soal yang digunakan pada penelitian pun dapat digunakan dalam proses pembelajaran namun kurang bervariatif dari segi subjenis pengetahuan yang diukur.