Daftar Isi:
  • PT. INTI (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang bisnis industri telekomunikasi. Dimana perusahaan ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen dan dituntut untuk dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan strategi penjualan. Ketersediaan data penjualan yang besar biasanya tidak digunakan semaksimal mungkin, sehingga data penjualan tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal apalagi belum adanya sistem pendukung keputusan untuk merancang sebuah strategi bisnis dalam meningkatkan penjualan. Pada penelitian ini algoritma KNN dan SMART diimplementasikan untuk penentuan strategi penjualan di PT. INTI (Persero). Hasil perbandingan algoritma KNN dan algoritma SMART adalah algoritma KNN kebenarannya lebih baik dibandingkan dengan algoritma SMART karena algoritma SMART tingkat kesamaan hasil dengan hasil pengelompokkan manual sebesar 25% sedangkan algoritma KNN tingkat kesamaan hasil dengan hasil pengelompokkan manual sebesar 60%. Hasil dari pengujian algoritma menunjukkan bahwa algoritma KNN ini lebih efisien karena hasil dari setiap kasus didapat dari membandingkan dengan data manual. Hasil dari sistem bukan sebagai penentu akhir dalam proses seleksi, keputusan akhir tertinggi tetap berada dalam pihak pengambil keputusan.