Pengaruh Cooperative Approach Tipe Tgt Berbantuan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekologi

Main Authors: Hafsah, Maryam, Muhammad, Muttaqien, Milla, Listiawati
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: http://digilib.uinsgd.ac.id , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsgd.ac.id/4521/1/Jurnal%20Hafsah%201132060027.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/4521/
http://lib.uinsgd.ac.id/
Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran di kelas, guru dituntut untuk memiliki kemampuan dan komunikatif, sekaligus membutuhkan pendekatan pembelajaran yang efektif sehingga materi pembelajaran yang disampaikan dapat dipahami dan diserap dengan mudah oleh siswa. Oleh karena itu perlu dicari alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook merupakan pembelajaran kooperatif dan memanfaatkan teknologi internet dalam proses pembelajarannya (Facebook) untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas pembelajaran pada siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA PGRI Rancaekek tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah jenis Quasi eksperiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berjumlah 25 soal, sedangkan afektif menggunakan angket. Hasil penelitian di kelas yang menggunakan pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook dengan diperoleh rata-rata pretest 44,27 dan posttest 64,37 memiliki gain 20,1, sedangkan yang tidak mengggunakan pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook, rata-rata pretest 40,80 dan posttest 47,43, memiliki gain 6,63. Berdasarkan hasil uji t hitung, thitung = (5,16) dan ttabel = (2,01). Maka thitung (5,16) > ttabel (2,01) menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 5 % dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi.