Penggunaan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pemanasan Global
Main Authors: | Inawati, Inawati, Muhammad, Muttaqin, Milla, Listiawati |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
http://digilib.uinsgd.ac.id
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsgd.ac.id/4520/1/Inawati%201132060031%20Pendidikan%20Biologi.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/4520/ http://lib.uinsgd.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA bahwa pada kurikulum 2013 edisi revisi 2016 terdapat meteri baru untuk kelas VII yaitu pemanasan global, selain itu menurut kemendikbud pada kurikulum pembelajaran IPA lebih menekanan pada penerapan keterampilan proses seperti dengan pendekatan scientific. Oleh karena itu, untuk mendukung guru dalam merancang pembelajaran maka diperlukan bahan ajar dan model pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah seperangkat tes, angket, dan lembar observasi Guru dan Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran aktivitas guru dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing memiliki rata-rata sebesar 95% dengan kategori sangat baik sedangkan, aktivitas siswa memiliki rata-rata sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing rata-rata 4,15 dengan kategori tinggi. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing diperoleh nilai rata-rata tes awal 44,64, tes akhir 81,25, Gain 39,16 dan N-Gain 0,74 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis N-Gain diperoleh nilai Thitung 8,05 dan nilai Ttabel sebesar 1,83 pada taraf signifikansi 5%. Maka Thitung > Ttabel, hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing.