Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe pair checks Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas VIII B MTs Negeri Plered Purwakarta)”
Main Author: | Evi Faridah, Evi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsgd.ac.id/4480/1/1_cover.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/4480/2/2_abstrak.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/4480/3/3_daftarisi.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/4480/4/4_bab1.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/4480/5/5_bab2.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/4480/6/6_bab3.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/4480/7/7_bab4.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/4480/8/8_daftarpustaka.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/4480/ |
Daftar Isi:
- Pada pembelajaran matematika masih sering digunakan metode konvensional yang kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk memberikan ide atau gagasannya baik secara lisan maupun tulisan sehingga kemampuan komunikasi matematik yang diperoleh kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematik siswa dengan pembelajaran menggunakan model pair checks. Penelitian ini menelaah: (a) Peningkatan aktivitas proses pembelajaran matematik; (b) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa pada tiap siklus; (c) Kemampuan komunikasi matematik siswa setelah mengikuti seluruh siklus ; (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pair checks. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa Mts Negeri Plered, yaitu kelas VIII B. Instrumen yang dugunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri atas tes komunikasi matematik, lembar observasi, serta skala sikap. Hasil yang diperoleh adalah: (a) Aktivitas pembelajaran matematika pada setiap siklusnya menunjukan adanya peningkatan pada tiap siklusnya, siklus I 80% siklus II yaitu sebesar 85%; (b) Rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa pada siklus I sebesar 75,63 dengan kriteria cukup, siklus II sebesar 80,14 dengan kriteria baik, rata-rata setiap siklusnya 77,89 dengan kriteria baik; (c) Kemampuan komunikasi siswa setelah diterapkan model pembelajaran pair checks menunjukan pada kriteria baik dengan rata-rata 80,55; (d) Sikap siswa terhadap model pembelajan pair checks secara keseluruhan adalah positif.