Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dan Lingkungan

Main Authors: Erpianah, Irma, Hidayat, Ara
Format: TeachingResource PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: http://digilib.uinsgd.ac.id , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsgd.ac.id/4238/1/1132060036%20-%20IRMA%20ERPIANAH.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/4238/
http://lib.uinsgd.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi adanya suatu model pembelajaran yang dapat memberikan konstribusi positif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses, keterlaksanaan dan hasil kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan adalah quassy-eksperiment dengan desain One Group Pretest Posttest yang diterapkan pada siswa kelas VII SMPN 1 Sukawangi. Untuk mencapai tujuan peneliti menggunakan lembar validasi, lembar observasi dan hasil kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi interaksi makhluk dan lingkungan dengan menggunakan model problem based learning (PBL) memperoleh rata-rata nilai posttest 78,33 dengan kategori baik dan dibawah nilai ketuntatasan minimal yaitu 70, dan nilai N-Gain sebesar 0,40. dan tanpa menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) memperoleh rata-rata nilai postest 59.22 dengan kategori cukup dan dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70, dan nilai N-Gain sebesar 0,37 dengan kualifikasi sedang. Sedangkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungan. Setelah melihat hasil data tersebut maka dengan demikian model problem based learning ini pun telah digunakan dalam beberapa penelitian serupa dengan penelitian yang sudah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dinyatakan signifikan dan hipotesis diterima.