Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA SMAN 1 Sukawangi Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Main Authors: Rahayu, Siti, Hidayat, Ara
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: http://digilib.uinsgd.ac.id , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsgd.ac.id/4116/1/Jurnal%20Siti%20Rahayu%20pdf.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/4116/
http://lib.uinsg.ac.id
http://digilib.uinsgd.ac.id
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian di SMAN 1 Sukawangi Bekasi menunjukan bahwa proses pembelajaran menggunakan lembar validasi menunjukan sangat layak untuk digunakan karena memiliki nilai rata-rata sebesar 87.5%. Keterlaksanaan aktivitas guru sangat baik dengan presentase 93.3% pada kelas eksperimen 1 dan sangat baik 100% pada kelas eksperimen 2. Kemudian untuk hasil keterlaksanaan aktivitas siswa sangat baik dengan nilai 95% pada kelas eksperimen 1 dan sangat baik 96.6% pada kelas eksperimen 2. Pada hasil kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 1 kelas X IPA 1 memperoleh nilai rata-rata pretest 34.35 dan posttest 78.98, selanjutnya untuk hasil kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 2 kelas X IPA 2 memperoleh nilai rata-rata pretest 30.26 dan posttest 77.59. Jika dilihat maka keduanya menunjukan kenaikan yang baik yang signifikan dalam hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil hipotesis uji-t di kelas X IPA 1 menunjukan thitung (8.79) > ttabel (2.06) dan dapat diterima, sedangkan pada kelas X IPA 2 menunjukan thitung (5.17) > ttabel (2.06) dan dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat membantu terhadap hasil kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan pada materi pencemaran lingkungan.