Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bojongsoang Pada Materi Sistem Ekskresi

Main Authors: Latifah, Rosiana, Hidayat, Ara
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsgd.ac.id/4110/1/JURNAL%20ROSIANA%20LATIFAH%201132060069.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/4110/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa serta menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan Mind Mapping pada kelas XI SMAN 1 Bojongsoang. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMAN 1 Bojongsoang tahun pelajaran 2016/2017 menggunakan metode Pre-Eksperiment dengan desain One Group Pretest-Posttest. Data hasil kemampuan berpikir kritis dianalisis menggunakan uji normalitas, uji t atau uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran sangat layak digunakan dengan presentase sebesar 91,3 %, keterlaksanaan aktivitas guru sangat baik dengan presentase 98,13 % pada kelas XI IPA 2 dan 95,82% pada kelas XI IPA 3. Keterlaksanaan aktivitas siswa sangat baik dengan presentase 90,20 % pada kelas XI IPA 2 dan 90,61 % pada kelas XI IPA 3. Hasil kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa siswa yang mencapai KKM memiliki presentase 14,87% dengan rata-rata sebesar 79,67 pada kelas XI IPA 2 dan 39,20% dengan rata-rata sebesar 83,90 pada kelas XI IPA3. Hasil Uji Wilcoxon pada kelas XI IPA 2 menunjukkan bahwa Zhitung > Ztabel=- 2,78 ≥ -1,96, maka Ho ditolak, sedangkan hasil uji t pada kelas XI IPA 3 menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel = 4,37 ≥2,04, maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan Mind Mapping dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi.