Pengaruh Pembelajaran KUASAI (Kerangka Berpikir untuk Sukses. Uraikan faktanya. Apa maknanya. Sentakan ingatan. Ajukan yang diketahui. Introspeksi) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekosistem (Penelitian dilaksanakan di MTs.Negeri Plered Purwakarta)
Main Author: | Maspuroh, Maspuroh (1210206060) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsgd.ac.id/2883/1/1_cover.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2883/2/2_abstrak.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2883/3/3_daftarisi.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2883/4/4_bab1.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2883/5/5_bab2.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2883/6/6_bab3.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2883/7/7_bab4.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2883/8/8_daftarpustaka.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2883/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini yaitu, menganalisis pengaruh model KUASAI terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem. Hipotesis dari penelitian ini yaitu pembelajaran KUASAI berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design dengan Sampel diambil sebanyak dua kelas dengan teknik cluster random sampling. Adapun teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan tes sebanya 10 soal uraian, angket dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Analisis hasil penelitian dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan Mann Whitney. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model KUASAI mendapatkan nilai rata-rata 74,74 dan kemampuan berpikir kreatif siswa tanpa mengunakan model KUASAI mendapatkan nilai rata-rata 65,80, ini dapat dilihat dari hasil uji Mann whitney diproleh Zhitung > Ztabel atau Z hitung 2,308> Z tabel 1,95 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat berbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pemebalajaran KUASAI dengan tanpa menggunakan model pembelajaran KUASAI, dan diperoleh hasil angket respon siswa kelas Eksperimen 85,32% dengan kriteria sangat kuat, kelas Kontrol 81,80% kriteria sangat kuat, lembar observasi aktivitas guru 86,26% cukup baik dan aktivitas siswa 83,86% cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa model KUASAI berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem.