Penerapan Model Belajar Aktif Tipe Question Student Have untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik Siswa” (Penelitian Eksperimen pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Limas di Kelas VIII SMPN 20 Bandung)

Main Author: Novi Ujianningtyas, Novi (1210205062)
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsgd.ac.id/2675/1/1_cover.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2675/2/2_abstrak.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2675/3/3_daftarisi.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2675/4/4_bab1.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2675/5/5_bab2.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2675/6/6_bab3.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2675/7/7_bab4.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2675/8/8_daftarpustaka.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2675/
Daftar Isi:
  • Kemampuan komunikasi matematik siswa dinilai masih rendah. Hal tersebut terlihat dari masih banyak siswa yang pasif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalah tersebut. Model belajar aktif tipe Question Student Have menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Penelitian ini menggunkan metode eksperimen dengan quasi experimental design bentuk nonequivalen control group design sehingga ada 2 kelas dengan 1 kelas ekperimen dan 1 kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model belajar aktif tipe Question Student Have dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) aktivitas guru dan siswa yang menggunakan model belajar aktif tipe Question Student Have; (b) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik ditinjau dari pengetahuan awal siswa (tinggi, sedang, rendah); (c) peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan model belajar aktif tipe Question Student Have; (d) sikap siswa terhadap model belajar aktif tipe Question Student Have. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) rata-rata aktivitas guru yang menggunakan model belajar aktif tipe Question Student Have mengalami peningkatan dari 72,73%, 81,82% dan 90,91%. Rata-rata aktivitas siswa yang menggunakan model belajar aktif tipe Question Student Have mengalami peningkatan dari 60%, 80% dan 90%. (b) Dari hasil analisis gain ternomalisasi yang selanjutnya dilakukan uji ANOVA dua jalur didapatkan, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pamahaman matematika siswa antara yang menggunakan model belajar aktif tipe Question Student Have dengan pembelajaran konvensional, namun pengetahuan awal matematik siswa tidak berpengaruh kepada peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa. (c) peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan model belajar aktif tipe Question Student Have termasuk kategori sedang (0,51%). (d) Sikap siswa yang menggunakan model belajar aktif tipe Question Student Have cenderung positif.