Penerapan Model Kooperatif Tipe Round Table dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 27 Bandung)
Main Author: | Muhammad Miski Badru Tamam, Muhammad (1210205057) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsgd.ac.id/2045/1/1_cover.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2045/2/2_abstrak.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2045/3/3_daftarisi.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2045/4/4_bab1.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2045/5/5_bab2.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2045/6/6_bab3.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2045/7/7_bab4.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/2045/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMP Negeri 27 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (a) Gambaran aktivitas pembelajaran matematika siswa dan guru menggunakan model Kooperatif Biasa dan model kooperatif tipe Round Table. (b) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa menggunakan model Konvensioanal, Kooperatif Biasa dan model kooperatif tipe Round Table. (c) Perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematik siswa antara yang menggunakan model Konvensioanal, Kooperatif Biasa dan model kooperatif tipe Round Table. (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Kooperatif Biasa dan model kooperatif tipe Round Table. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen berbentuk Nonequivalent (Pretest dan Posttest) Control Group Design. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Setelah dilaksanakan observasi, data dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Gambaran aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan, semakin baik di setiap pertemuannya. (b) Rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa menggunakan model Konvensioanal, Kooperatif Biasa dan model kooperatif tipe Round Table berkriteria sedang. (c) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematik siswa antara yang menggunakan model Konvensioanal, Kooperatif Biasa dan model kooperatif tipe Round Table. (d) Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Kooperatif Biasa dan model kooperatif tipe Round Table.