Pembelajaran berbasis praktikum menggunakan Hands-On Activity untuk mengembangkan keterampilan proses Sains siswa pada konsep sifat Koligatif Larutan: Penelitian kelas terhadap siswa kelas XII IPA MA YPI Cikoneng

Main Author: Purwanita, Neng Ina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsgd.ac.id/2026/1/1_cover.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2026/2/2_abstrak.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2026/3/3_daftarisi.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2026/4/4_bab1.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2026/5/5_bab4.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2026/6/6_daftarpustaka.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2026/
Daftar Isi:
  • Konsep sifat koligatif larutan merupakan salah satu konsep yang sulit dipelajari siswa. Guru cenderung kurang mengembangkan perolehan konsep melalui pengembangan keterampilan proses sains. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang dapat melatihkan kemampuan proses sains siswa. Salah satunya melalui pembelajaran berbasis praktikum menggunakan aktivitas Hands-On Activity. Untuk itu dilakukan penelitian terhadap 43 siswa kalas XII melalui metode penelitian kelas. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan proses sains dan rubrik penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Hands-On Activity terimplementasi dengan baik. Pada proses pembelajaran, untuk tujuh aspek keterampilan proses sains yang dikembangkan menunjukkan hasil yang baik dengan peolehan nilai 89, pencapaian nilai keterampilan proses sains siswa setelah pembelajaran perolehan nilai 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis praktikum dengan menggunakan Hands-On Activity pada konsep sifat koligatif larutan dapat mengembangkan keterampilan proses sains siswa.