Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penggunaan media permainan monopoli pada materi getaran dan gelombang dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang setelah menggunakan media permainan monopoli. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII C MTs. Al-Ianah Karawang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media permainan monopoli dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata keterlaksanaan 93,65%, dan aktivitas guru dengan rata-rata keterlaksanaan 95,23%, kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah digunakannya media permainan monopoli sesuai dengan hasil uji hipotesis Zhitung(5,85) > Ztabel(1,64). Besarnya peningkatan keterampilan berpikir kritis ditunjukkan oleh indeks normal gain sebesar 0,24 termasuk kategori rendah. Dengan demikian media permainan monopoli pada materi getaran dan gelombang dapat dijadikan sebagai alternatif media yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang.