Tanggapan Siswa terhadap Penerapan Model Pembelajaran Koopeartif Tipe Bamboo Dancing Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Akidah Akhlak (Penelitian pada Kelas VII MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor)
Main Author: | Desi Budiarti, Desi (1210202038) |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsgd.ac.id/1674/1/1_cover.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/1674/2/2_abstrak.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/1674/3/3_daftarisi.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/1674/4/4_bab1.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/1674/5/5_bab2.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/1674/6/6_bab3.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/1674/7/7_bab4.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/1674/8/8_daftarpustaka.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/1674/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di kelas VII MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor yaitu setelah dilakukannya studi pendahuluan diperoleh bahwa dari hasil studi pendahuluan di kelas VII Mts Ma’arif Cikeruh Jatinangor pada pembelajaran akidah akhlak terdapat dua fenomena yang cukup menarik untuk diteliti. Pada satu sisi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing mendapatkan tanggapan postif dari siswa kelas VII hal ini terlihat ketika pembelajaran berlangsung sebagian siswa terlihat antusias dalam mengikuti pelajaran namun sebagian lagi dari siswa masih memiliki motivasi yang rendah dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa kelas VII MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing ,motivasi belajar siswa kelas VII MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor pada bidang studi akidah akhlak, dan hubungan antara tanggapan siswa kelas VII Mts ma’arif cikeruh jatinangor terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dengan motivasi belajar mereka pada bidang studi akidah akhlak. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran active knowledge sharing. Dari asumsi tersebut secara teoretis dapat diambil hipotesis, yakni terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran active knowledge sharing dengan motivasi belajar akidah akhlak, jika tanggapanya positif, maka motivasi belajar mereka akan tinggi (baik). Demikian pula sebaliknya, jika tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran active knowledge sharingnya negatif, maka motivasi belajar mereka akan rendah (buruk) pula. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran akidah akhlak. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk memperoleh gambaran data kuantitatif dari 48 siswa yang dijadikan sampel yang selanjutnya diolah melalui statistik korelasional. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, realitas tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing (Variabel X) berdistibusi tinggi yaitu sebesar 3,62. Nilai tersebut termasuk katagori tinggi karena berada pada interval 3,5 - 4,2. Kedua, realitas motivasi belajar siswa (Variabel Y) diperoleh hasil 3,46. Nilai tersebut termasuk kategori tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Ketiga, Realitas tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada bidang studi akidah akhlak diperoleh harga korelasi 0,67 dapat diinterpretasikan bahwa hubungan antara variabel X (tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing) dengan variabel Y (motivasi belajar siswa pada bidang studi akidah akhlak) tergolong pada katagori hubungan sedang/cukupan, karena harga tersebut berada pada rentang interval 0,40 – 0,70.