Penerapan model pembelajaran discovery-inquiry pada konsep sifat koligatif larutan: Penelitian kelas terhadap siswa kelas XII IPA SMAN 1 Sukaresmi - Cianjur
Daftar Isi:
- Ilmu kimia dalam penguasaan konsepnya memerlukan strategi pembelajaran yang tepat. Penggunaan model mengajar yang tidak sesuai dengan materi yang di ajarkan cenderung memberikan hasil belajar yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktifitas siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery-inquiry pada konsep sifat koligatif larutan, kemampuan siswa menyelesaikan tugas LKS setiap tahapnya, dan hasil belajar siswa pada setiap tahap model pembelajaran ini pada konsep sifat koligatif larutan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas dengan subjek penelitian adalah 32 siswa kelas XII IPA SMAN 1 Sukaresmi-Cianjur. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari deskripsi pembelajaran, lembar kerja siswa (LKS), lembar observasi, format penilaian, dan tes evaluasi. Data yang diperoleh diolah secara statistik deskriptif, dan diketahui bahwa aktifitas siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ini dapat dilaksanakan sesuai tahapan-tahapannya dengan kriteria baik. Kemampuan siswa berkriteria baik pada tahap data processing, generalization, problem statement, dan data collection dengan nilai berturut-turut sebesar 70, 75, 75, dan 75, sedangkan kriteria sangat baik ditunjukkan pada tahap verification dengan nilai sebesar 94. Hasil belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan model DI menunjukkan hasil dengan kriteria baik dengan rata-rata hasil belajar siswa untuk tiap kelompok prestasi tinggi, sedang, dan rendah masing-masing yaitu 85, 74 dan 63.