Daftar Isi:
  • Sifat koligatif larutan merupakan salah satu konsep yang dapat dikembangkan melalui metode praktikum, sehingga memberikan kesempatan langsung pada siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran menggunakan seluruh potensinya supaya mampu memahami konsep-konsep secara lengkap dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran NOS, menganalisis kemampuan siswa menyelesaikan LKS pada setiap tahapan model pembelajaran NOS, menganalisis kinerja psikomotor siswa pada tahap inquiry lab dalam model pembelajaran NOS, dan menganalisis tanggapan siswa setelah penerapan model pembelajaran NOS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas, dengan subjek penelitian yaitu kelas XI SMK Negeri 2 Garut sebanyak 31 siswa. Instumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari deskripsi pembelajaran, format observasi, lembar kerja siswa, penilaian psikomotor, tes evaluasi, dan angket. Hasil observasi aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran NOS menunjukkan hasil yang baik. Analisis kemampuan siswa menyelesaikan LKS pada setiap tahapan model pembelajaran NOS pada konsep sifat koligatif larutan memperoleh nilai dengan kategori baik. Hal ini dapa dilihat dari nilai tiap tahapan model pembelajaran NOS menunjukkan bahwa pada tahap background reading sebesar 73,33, tahap case study discussion sebesar 71,33, tahap inquiry lesson sebesar 89,00, tahap inquiry lab sebesar 83,50, tahap historical stady sebesar 74,33, dan tahap multiple assessment sebesar 78,47. Nilai kinerja psikomotor siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,36 dengan kategori terampil. Selain itu juga berdasarkan angket diperoleh tanggapan yang positif dari siswa karena menarik, menyenangkan, dan mempermudah mereka untuk memahami materi pelajaran.