PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DAN HARMONI SOSIAL

Main Author: ., Aunurrahman .
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pembelajaran Prospektif , 2019
Subjects:
Online Access: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/view/37799
https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/view/37799/75676584193
Daftar Isi:
  • Pluralisme merupakan realitas emprik yang harus dipahami dan diterima dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kesadaran akan pluralisme perlu dikenalkan dan ditanamkan sejak anak-anak berada di bangku sekolah dasar agar sejak dini dapat tumbuh kesadaran betapa penting kebersamaan, saling memahami, menghargai dan pada akhirnya dapat tercipta kehidupan yang harmoni dalam keberagaman. Penelitian ini diarahkan untuk menghasilkan model pendidikan karakter terintegrasi guna menanamkan nilai-nilai dasar harmoni sosial bagi siswa sekolah dasar di kabupaten rawan konflik provinsi Kalimantan Barat. Melalui uji coba model di Kabupaten Sambas. Secara esensial hasil penelitian menemukan bahwa model pendidikan karakter terintegrasi dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Hal ini juga berarti bahwa nilai-nilai dasar esensial di daerah rawan konflik yaitu nilai-nilai saling menghormati dan menghargai, toleransi dan kebersamaan serta kebebasan dan tanggung jawab yang dikembangkan dalam modul pembelajaran, aplikatif untuk menumbuhkan harmoni sosial bagi siswa sekolah dasar.