PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN DOSEN

Main Author: Desi Sri Astuti, Dian Shinta Sari dan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pembelajaran Prospektif , 2019
Subjects:
Online Access: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/view/34445
https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/view/34445/75676582269
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap fenomena persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran dosen IKIP Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualititatif dan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah seluruh mahasiswaProgram Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak tahun akademik 2016-2017 yang berjumlah 395 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan randomsampling atau secara acak sehingga di peroleh sampel sebanyak 65 responden. Teknik pengumpulan data adalah, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan cara mengklasifikasi datadan menafsirkan isi data. Hasil penelitian persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran adalah bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh dosen dalam perkuliahan sudah variatif sehingga pelajaran dapat lebih aktif dan efektif. Dalam pelaksanaan pembelajaran seorang dosen hendaknyamemilih metode yang melibatkan secara aktif mahasiswa didalamnya sehingga pembelajaran tidak terkesan Teacher Centre.